Berita

    Ingin Memulai Hobi Mobil? Ini hal-hal yang Harus Diketahui

    Tidak bisa dipungkiri bahwa jumlah penggemar mobil di Indonesia sangat banyak. Hal ini dibuktikan lewat berbagai acara-acara pameran otomotif yang selalu ramai dikunjungi orang-orang.

    Ini pertanda bahwa orang-orang yang memiliki hobi mobil terus meningkat, apalagi saat ini teknologi sudah semakin canggih, banyak produk mobil terbaru yang semakin canggih.

    Namun ternyata untuk menggeluti hobi ini tidaklah mudah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda bisa menjadikan hobi tersebut lebih menyenangkan atau bahkan menghasilkan.

    Tips Menekuni Hobi Mobil

    Sebelum memutuskan untuk menekuni hobi ini, sebaiknya Anda mengetahui dulu apa saja tips untuk menekuni hobi bermain mobil.

    • Tentukan Aliran dan Jenis Mobil

    Saat pertama kali menyadari bahwa Anda menyukai mobil, biasanya Anda sudah mengetahui jenis mobil apa yang sebenarnya disukai. Apakah mobil sedan, SUV, MPV atau Coupe.

    Dengan mengetahui jenis mobil, Anda jadi paham konsep apa yang sesuai untuknya. Jangan sampai salah dalam memilih konsep, karena bisa menyebabkan mobil tidak enak dipandang atau bahkan merusak mobil.

    Misalnya Anda pecinta mobil SUV, maka Carmudian bisa membuat jenis mobil tersebut memiliki gaya rally look yang mengusung konsep alto. 

    Sebenarnya Anda diperbolehkan untuk melakukan eksplorasi, namun yang penting hal tersebut harus sesuai dengan jenis atau tipe mobil.

    • Menyiapkan Dana Perbaikan

     

    Pexels

    Hal lain yang tidak kalah penting untuk menekuni hobi ini adalah mempersiapkan dana perbaikan. Pastikan Anda memiliki cukup budget untuk melakukan reparasi atau modifikasi mobil sendiri.

    Karena biasanya mobil bekas sekalipun tetap membutuhkan peremajaan komponen atau sedikit reparasi di dalamnya. Entah itu sedikit atau pun banyak, hal tersebut sangat wajar terjadi dalam menekuni hobi tersebut.

    Namun terkadang hal ini menjadi kendala yang cukup sering dihadapi para pecinta mobil pemula, hingga akhirnya hal tersebut menjadi penghalang untuk melanjutkan hobi tersebut.

    • Bergabung dengan Komunitas

    Ketika menekuni suatu hobi, tidak akan lengkap rasanya jika tidak mengikuti komunitas. Hal tersebut tidak hanya berguna untuk memperluas koneksi dan jaringan sesama pecinta mobil, tetapi juga dapat membantu Anda memperdalam informasi tentang mobil.