Berita

    Ketahui Jenis-jenis Alat Tambal Ban Tubeless dan Cara Tambalnya

    Saat bocor, Anda memerlukan alat tambal ban tubeless jika ingin menambal ban sendiri. Tidak seperti ban pada umumnya, ban tubeless tidak langsung gembes ketika bocor atau terkena paku di jalan. 

    Hal ini dikarenakan ban tubeless memiliki lapisan bernama fluid sealant, dimana lapisan ini mampu menjaga kerapatan ban agar tetap awet. 

    Alat-alat tambal ban ini cukup canggih dan mudah Anda lakukan sendiri di rumah. Jika tidak, Anda bisa menemukan alat-alat ini pada tukang tambal ban. Apa saja alat tersebut? Mari simak berikut ini!

    Alat Tambal Ban Tubeless yang Wajib Anda Ketahui

    Terdapat beberapa alat yang sering digunakan untuk memperbaiki kebocoran pada ban tubeless. Alat-alat berikut pun memiliki karakteristiknya masing-masing yang dapat Anda ketahui.

    • Metode Tambal Ban Peluru

    Seperti namanya, penambal ban ini memiliki bentuk seperti peluru, yaitu berbentuk silinder dan dilengkapi ujung yang tajam. Namun, metode ini cukup jarang digunakan karena tidak cukup baik untuk menambal dinding ban.

    • Tambal Tire Patch

    Ini adalah metode yang cukup bagus untuk tambal ban tubeless. Metode ini lebih unggul dari tambal ban peluru. Tire patch ini akan dipasang pada bagian dalam ban sehingga ban harus dicopot dari velg

    Tire patch akan dipasang di bagian yang bocor, setelah area tersebut dikikis dan dibersihkan. Setelah dipasang, tire patch akan dipanaskan menggunakan alat agar bisa melekat sempurna dan menutupi kebocoran.

    • String Tubeless

    Metode tambal ban ini adalah yang paling sering digunakan. Biasanya juga disebut tambal ban cacing karena bentuknya yang memang mirip dengan cacing. 

    Menjadi yang paling sering digunakan, nyatanya tambal ban cacing memiliki ketahanan yang cukup singkat, sekitar 4 hingga 6 bulan saja. 

    • Tambal Ban Plug & Patch

    Metode alat tambal ban tubeless terakhir ini menggunakan sebuah karet penambal yang memiliki bentuk seperti payung dan pada bagian bawah dan atasnya memiliki lapisan karet. 

    Dapat bertahan dalam waktu yang lama, tambal ban ini memiliki harga dari Rp75 hingga Rp100 ribu rupiah.