Berita

    Terungkap Kelebihan dan Kekurangan Memasang Peredam Suara Mobil

    Pernahkah Anda tidak mendengar suara bising mesin ketika di dalam mobil meski mesin dihidupkan? Itu karena ada peredam mobil. Peredam ini merupakan suatu perangkat yang berfungsi untuk menjadikan bagian dalam mobil terasa lebih tenang dan tidak bising. 

    Pemasangan peredam suara mobil memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja? Cek detailnya berikut ini.

    Kelebihan Peredam Suara Mobil

    1. Mengurangi Suara Mesin dan Ban

    Pemasangan peredam di bagian kabin dapat mengurangi suara berisik mesin dari dalam mobil. Selain itu, peredam ini juga dapat mengurangi suara dari hujan ketika bepergian saat hujan deras. 

    Selain di kabin, peredam juga dapat dipasang di bagian lantai mobil. Pemasangan tersebut dapat membantu mengurangi suara berisik ban ketika melewati jalanan tak rata atau jalanan berlubang. 

            2. Lebih Tenang dan Nyaman

    Dengan memasang peredam maka suara berisik dari mesin, ban atau kendaraan di luar tidak akan terlalu terdengar. Hal tersebut tentu akan membuat perjalanan menjadi lebih tenang dan nyaman. 

    Pengemudi dapat lebih berkonsentrasi dan penumpang dapat menikmati perjalanan dengan nyaman. 

            3. Audio Terdengar Jelas

    Perjalanan memang terasa kurang lengkap bila tidak sambil mendengarkan musik. Ketika suara berisik dari mesin dan ban tidak terlalu terdengar, tentu mendengarkan audio musik akan semakin terdengar jelas.

    Keraskan volume audio dan nikmati perjalanan dengan senang dan nyaman. 

    Kekurangan Peredam Suara Mobil

    Selain memiliki kelebihan, memasang peredam juga memiliki kekurangan, diantaranya yaitu:

    1. Dapat Menimbulkan Bahaya

    Ketika memasang peredam, Anda memang tidak akan begitu mendengar suara dari mesin dan ban termasuk suara klakson. 

    Tentu hal tersebut dapat membahayakan keselamatan apabila Anda tidak bisa mendengar suara klakson atau isyarat lain dari luar misalnya ketika ada kendaraan lain yang akan menyalip mobil Anda dan sebagainya. 

            2. Mobil Semakin Berat

    Kekurangan selanjutnya yaitu menambah beban mobil. Pemasangan peredam terutama peredaman aspal juga akan memberikan beban tambahan. Akibatnya mobil akan menjadi lebih berat, mobil akan sulit melaju dengan kencang dan pengemudi akan lebih susah mengendalikan mobil.

            3. Engsel Menjadi Aus