Berita

    Featured Image

    Cara Aman Bagi Pemula Melewati Tanjakan bagi Mobil Matic

    Mobil matic sering dianggap lebih mudah daripada manual. Bagaimanapun juga, sebagian pengemudi pemula masih kesulitan untuk mengendarainya. Terlebih lagi di jalanan menanjak. Oleh sebab itu, tips melewati jalan menanjak diperlukan.

    Jika Anda adalah pengemudi pemula yang membutuhkan tips tersebut agar bisa melewati jalan menanjak dengan mudah dan aman, ikuti ulasan selengkapnya berikut ini!

    Tips Melewati Jalan Menanjak untuk Mobil Matic

    Ada beberapa tips yang bisa dipelajari dan diterapkan saat mengendarai mobil matic di jalanan menanjak. Di bawah ini uraiannya:

    • Pelajari Tuas Persneling Dulu

    Sebelum mengendarai mobil matic di jalanan menanjak bahkan jalanan biasa, Anda perlu memahami tuas persnelingnya dulu. Terlebih lagi jika Anda tidak pernah mengendarai mobil matic sebelumnya.

    Pelajari Tuas Persneling Dulu

    Secara garis besar, tuas persneling mobil matic bisa digunakan untuk beragam keperluan yang diwakili dengan simbol huruf dan angka. Berikut penjelasannya.

    • Shift lock: Sebagai pelepas pengunci tuas persneling. Tujuannya untuk memindahkannya ke posisi netral saat mesin dimatikan;

    • L: Sebagai penahan di gigi satu;

    • 2: Sebagai penahan di gigi 2;

    • D: Sebagai penggerak agar mobil maju. Saat persneling dalam posisi ini, perpindahan gigi satu hingga paling tinggi akan diatur secara otomatis oleh mobil sehingga Anda hanya perlu mengatur gas dan remnya saja;

    • N: Sebagai penahan agar tuas persneling tak terhubung (netral);

    • R: Sebagai penggerak mobil agar berjalan mundur;

    • P: Sebagai penahan persneling agar dalam posisi terkunci saat parkir sehingga tak bisa bergerak.

    • Perhatikan Kondisi Jalan dan Sesuaikan dengan Persneling

    Tidak semua jalanan tanjakan mempunyai kondisi yang sama. Misalnya bila di pegunungan maupun pedesaan, jalanan tersebut akan lebih curam daripada perkotaan. 

    Oleh sebab itu, dalam tips melewati jalan menanjak, Anda perlu memperhatikan kondisinya sebelum memutuskan apa yang harus dilakukan.

    Sebagai contoh di tanjakan pegunungan, Anda bisa menggunakan tuas persneling di D2 agar bisa melewatinya dengan mudah. Namun jika tanjakan menjadi semakin curam, maka gunakan tuas persneling di D1.

    Persneling di posisi D1 akan memberikan kekuatan lebih agar mobil bisa melaju di tanjakan dan tidak tiba-tiba mati atau mundur.

    • Perhatikan Pemindahan Tuas Persneling

    Ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat Anda melewati tanjakan ini dengan mengubah tuas persneling. Misalnya, jangan rem berlebihan saat memindah tuas persneling dari posisi D ke D2 atau D1.

    Hal ini menjadi salah satu tips melewati jalan menanjak yang perlu Anda pahami agar sesuai dengan harapan.

    Bagaimanapun juga, tetaplah mengerem seperlunya. Jangan sampai tidak ada pengereman sama sekali. Lalu, tekan tombol yang ada di tuas persneling untuk memindahkan gigi.

    • Tetap Berlatih

    Satu-satunya cara agar Anda bisa melewati tanjakan dengan lancar menggunakan mobil matic adalah tetap berlatih. Mungkin awalnya Anda akan sedikit takut. Namun dengan tetap berlatih, Anda akan terbiasa.

    Latihan ini bisa dilakukan dengan tanjakan yang tak terlalu curam terlebih dahulu. Lalu, Anda bisa beralih ke tanjakan yang lebih curam dan seterusnya.

    Anda bisa mengajak orang yang terbiasa melewati tanjakan dengan mobil matic untuk menemani berlatih. Jadi, orang tersebut dapat memberi saran kepada Anda untuk melakukannya.

    Jangan lupa juga untuk melakukannya dengan penuh keyakinan. Jika Anda ragu, maka hal-hal yang tidak diharapkan malah cenderung terjadi.