Berita

    Featured Image

    Takut Telat! Tips Agar Tidak Panik Saat Berangkat Kerja di Pagi Hari

    Penting untuk menerapkan berbagai tips tidak panik saat berangkat kerja agar produktivitas Anda tidak terganggu. Pasalnya, emosi dan stres yang dialami saat pagi hari akan mengacaukan konsentrasi sepanjang hari 

    Lantas, apa saja yang bisa dilakukan agar tidak merasa panik saat commuting atau stres yang terjadi saat perjalanan ke kantor? Berikut penjelasannya. 

    Tips Tidak Panik Saat Berangkat Kerja Tanpa Drama dan Anti Stres 

    Mengawali pagi dengan kegiatan positif merupakan cara ampuh yang akan menghindarkan Anda dari commuting stress. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips yang bisa diterapkan agar tidak merasa panik ketika berangkat kerja. 

    1. Membuat Rencana Perjalanan dan Jadwal Aktivitas

    Tips yang pertama agar tidak merasa stres di pagi hari adalah dengan membuat perencanaan kerja atau jadwal kegiatan pribadi dengan cermat, antara lain:

    • Menyusun jadwal aktivitas pagi dan menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan. 

    • Menyiapkan semua kebutuhan di malam hari atau menjelang tidur mulai dari menentukan pakaian kantor, menyiapkan kunci kendaraan, dompet, tas, dan dokumen kantor di tempat yang terlihat dan mudah dijangkau. 

    1. Tetap Tenang 

    Pemandangan pagi di hari kerja identik dengan ekspresi wajah-wajah yang terkesan buru-buru. 

    Agar tidak ikut mengalami kondisi yang serupa Anda bisa menerapkan tips tidak panik saat berangkat kerja yang kedua, yaitu tetap tenang dan tidak perlu tergesa-gesa. 

    tetap tenang saat mengemudi

    Saat gejala panik mulai terasa, cobalah untuk tetap bersikap tenang dan santai sejenak sebelum melanjutkan aktivitas pagi.

    1. Berangkat Lebih Awal

    Jadwal berangkat juga ikut berperan penting untuk menghindari stres saat commuting. Anda perlu mencari waktu terbaik sebagai jadwal keberangkatan agar tidak terjebak macet. 

    Ini berlaku terutama bagi Anda yang menggunakan transportasi umum sekaligus untuk mengantisipasi jika terjadi delay atau penundaan keberangkatan. 

    Bila perlu, berangkatlah ke kantor lebih awal dari biasanya saat lalu lintas masih belum terlalu padat. 

    1. Menggunakan Pakaian yang Nyaman

    Pemilihan kostum yang salah saat berangkat kerja juga akan memperburuk suasana Anda di pagi hari. Misalnya saja salah menggunakan pakaian yang terlalu ketat dan minim, sepatu high heels yang terlalu tinggi, dan lain sebagainya. 

    Untuk itu, pilihlah pakaian kerja yang bisa membuat Anda nyaman seperti setelan blazer dengan rok atau celana yang tidak terlalu ketat, pendek, atau terlalu longgar. 

    1. Mendengarkan Musik 

    Tips tidak panik saat berangkat kerja yang berikutnya adalah mendengarkan musik yang menenangkan seperti musik klasik, lagu meditasi, dan lain-lain. 

    Bisa juga dengan memilih musik yang bisa membangkitkan semangat dan motivasi untuk bekerja seperti musik rock, pop, atau hip-hop. 

    1. Berhenti Menunda dan Hindari Rush Hour

    Cara terbaik untuk menghindari rasa panik di pagi hari adalah dengan tidak menunda-nunda pekerjaan. Aturlah jam weker lebih awal dari jadwal bangun tidur Anda. 

    Setelah bangun, segera beraktivitas dan jangan mengulur waktu dengan terlelap kembali. Selain itu, Anda juga harus menghindari rush hour atau jam sibuk karena bisa memicu rasa panik saat berangkat kerja. 

    1. Mencari Transportasi Alternatif atau Rute Lain

    Tidak terpaku pada transportasi dan rute yang biasa digunakan juga merupakan tips yang ampuh untuk menghindari timbulnya rasa panik dan cemas saat berangkat kerja. 

    Cobalah untuk mencari alternatif transportasi dan rute lain yang bisa membuat Anda datang lebih cepat di kantor. Misalnya, mengendarai sepeda motor atau menggunakan ojek online alih-alih menggunakan mobil pribadi. 

    Itulah berbagai tips tidak panik saat berangkat kerja yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa mempertimbangkan menggunakan city car dari Suzuki yang mampu bergerak dengan lincah di jalanan kota yang padat.