Berita

    Fungsi Subwoofer Pada Mobil Yang Harus Anda Ketahui

    Pernahkah Anda mendengarkan audio di mobil untuk mencari hiburan tetapi suaranya tidak jelas? Nah, berarti saatnya Anda harus mengetahui komponen pada audio mobil satu ini untuk memperjelas audio mobil Anda. Apakah itu? 

    Yap, jawabannya adalah subwoofer. Salah satu komponen pada seperangkat audio mobil ini mampu menghasilkan suara hingga frekuensi rendah pada audio. Fungsi utama subwoofer adalah sebagai penghasil suara saat berada pada nada rendah. Secara umum, frekuensi komponen audio ini sekitar 10-200 Hertz (bass solid). 

    Dengan begitu, suara pada audio mobil akan terdengar jauh lebih jelas dan halus. Hal ini disebabkan kelengkapan musikalitas nada yang diproduksi komponen audio mobil lainnya, seperti woofer, tweeter (frekuensi nada tinggi), dan mid-range (frekuensi nada sedang).

    Menurut Andre Wijaya, instalatur audio Bassindo Mobile Audio Installer, driver woofer yang dipasang memiliki ukuran 8, 10, 12 inchi. Di antara ketiga ukuran tersebut, ukuran 12 inchi adalah ukuran yang paling sering digunakan dan dipasang di mobil. “Sementara yang ukuran 10 inchi biasa dipasangkan dua unit pada bagian buritan atau bagasi,” jelasnya.

    Sering disebut-sebut sebagai sound system home theater. Mengapa demikian? Karena suara yang dihasilkan komponen ini mampu menampilkan suara efek yang hampir seperti yang biasa didengar di bioskop.

    Subwoofer ini biasanya dipasang di bagian bagasi mobil. Penikmat car entertainment akan merasakan kepuasan lebih seperti terdengar jelas suara gebukan bass saat mendengarkan musik sebagai hiburan di mobil.

    Apakah Anda tertarik memasangnya? Sebelum melakukan pemasangan di mobil, Anda juga harus mengetahui fungsi lainnya dari komponen audio ini. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

    Fungsi Subwoofer Pada Audio Mobil

            1. Penyebaran respon bass

    Respon bass yang dihasilkan akan tersebar lebih luas dan lebih baik. Hal ini dikarenakan nada-nada rendah pada audio berhasil ditangkap meski frekuensi sangat rendah yaitu 10 Hertz atau lebih rendah sekalipun.

    Alhasil, suara musik yang Anda putar di mobil tetap bisa didengar dengan suara bass yang lebih jelas dan mendalam.

            2. Suara audio lebih jernih

    Kualitas tinggi komponen ini memberikan keunggulan pada kecepatan dalam hal merespons suara bass dengan cepat dan sangat jernih. Sebaliknya, kualitas yang rendah tidak mampu mengontrol saat instrumen musik mulai dan berhenti dengan cepat. Jadikan kualitas tinggi nomor 1 ya!