Berita

    Cara Mencegah Kabel Mobil Digigit Tikus

    Salah satu masalah umum yang dihadapi pemilik mobil adalah kabel mobil digigit tikus. Kondisi mobil yang hangat dan aman menjadi tempat yang ideal bagi tikus untuk beraksi. Maka tak jarang pemilik mobil harus kesal karena hal ini.

    Mencegah tikus menggigit kabel mobil bukan hanya masalah melindungi properti, tetapi juga dapat menghindari potensi bahaya terkait dengan kerusakan kabel. Maka dari itu, Anda harus melakukan pencegahan supaya kabel terhindar dari tikus.

    Begini Tips Cegah Kabel Mobil Digigit Tikus

    Kabel adalah sasaran empuk tikus untuk digerogoti. Masalahnya, apabila kabel pada mobil ini digigit tikus, maka kerusakan pun tak dapat dihindarkan. Namun tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa cara untuk mencegah kabel mobil digigit oleh tikus:

    • Gunakan Pelindung Kabel Khusus

    Salah satu cara paling efektif untuk mencegah tikus menggigit kabel mobil adalah dengan menggunakan pelindung kabel yang dirancang khusus. Pelindung ini biasanya terbuat dari bahan yang tahan terhadap gigitan tikus.

    Tidak perlu memasangnya di sepanjang kabel. Anda cukup melindungi kabel yang rentan terkena gigitan tikus. Seperti pada ruangan yang mudah dimasuki tikus, atau kabel dengan tekstur yang lentur.

    • Tutup Ruang yang Rawan Tikus

    Biasanya tikus suka ke tempat yang tertutup dan aman dari predator. Maka dari itu, tak jarang tikus berpindah-pindah tempat tinggal baru untuk mencari perlindungan. Salah satunya di garasi mobil. 

    Untuk itu, pastikan Anda menutup garasi setelah memasukkan atau mengeluarkan mobil! Jangan lupa juga untuk menutup lubang-lubang yang rawan dimasuki tikus! Bisa dengan memasangkan jaring-jaring kecil, dan lain sebagainya. 

    • Gunakan Kapur Barus

    Anda juga bisa menaburkan kapur barus di sekitar mobil. Kapur barus ini memiliki aroma menyengat, yang tentu saja tidak disukai tikus.

    Selain itu, kapur juga mencegah tempat jadi lembab. Sehingga dapat mengusir tikus, kecoa bahkan jamur yang rawan ada pada mobil. 

    Selain kapur, ada beberapa bahan alami yang tidak disukai tikus. Seperti kulit jeruk, serutan kayu cedar dan lain sebagainya. Tempatkan bahan-bahan ini di dalam mobil atau di sekitar area parkir sebagai langkah pencegahan.

    • Bersihkan Mobil Rutin

    Hal penting yang harus Anda lakukan untuk mencegah kabel mobil digigit tikus adalah dengan melakukan pembersihan mobil rutin. Apalagi jika mobil Anda jarang digunakan. Maka setidaknya seminggu sekali harus dibuka untuk berganti hawa.

    Lakukan pembersihan pada kap mobil dari debu dan kotoran. Kemudian lakukan pemeriksaan mesin dan lain sebagainya untuk melihat adanya tikus juga pada mobil.

    Jika Anda melihat tanda-tanda gigitan atau kerusakan, segera lakukan perbaikan. Hal ini dapat mencegah kerusakan lebih lanjut dan mengurangi risiko kebakaran yang disebabkan oleh kabel yang rusak.

    • Gunakan Perangkap Tikus

    Jika masalah tikus terus berlanjut, pertimbangkan penggunaan umpan tikus aman di sekitar area parkir. Pastikan umpan ini ditempatkan dengan aman dan jauh dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan!

    Sebab jika ini tak dilakukan, bisa jadi tikus masih berkeliaran di tempat Anda. Sehingga dapat mengancam keselamatan kabel mobil Anda.

    Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengurangi risiko kerusakan akibat gigitan tikus pada kabel mobil. Pencegahan adalah kunci, dan dengan perawatan yang cermat, Anda dapat menjaga mobil tetap aman dari ancaman tikus yang merusak.