Berita

    Wajib Tahu, Ini Tips Membeli Mobil Bekas

    Tips membeli mobil bekas penting untuk diketahui, terutama bagi Anda yang tidak familiar dengan dunia otomotif. Mengapa penting? Dengan tips serta langkah yang benar, Anda dapat memilih mobil yang sesuai kebutuhan dan tentunya memiliki kondisi yang baik.

    Jika kita asal dalam membeli, potensi kerugian di kemudian hari akan terjadi. Mobil bekas tentunya memiliki kondisi yang tidak sama dengan sedia kala. Oleh karena itu, beberapa aspek harus menjadi pertimbangan Anda.

    Tips Membeli Mobil Bekas yang Wajib Anda Ketahui

    Mencari mobil bekas dengan kondisi yang bagus memang membutuhkan ketelitian. Anda harus sabar dalam memeriksa setiap mobil yang hendak dipilih. Jika bingung, mari ikuti beberapa tips saat membeli mobil bekas di bawah ini!

    • Mengatur Dana dengan Tepat

    Tips beli mobil bekas yang pertama yaitu mengatur dana dengan tepat. Saat membeli mobil bekas, Anda tentu telah menyiapkan sejumlah dana yang cukup. 

    Perlu diketahui, disarankan untuk tidak menghabiskan seluruh dana dalam transaksi pembelian mobil. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila terdapat komponen mobil yang perlu diganti atau diperbaiki.

    • Cek Bodi Mobil

    Bodi mobil merupakan tampilan yang dapat Anda lihat pertama kali. Disini, Anda bisa menyadari apakah sebuah mobil memiliki kondisi yang baik atau mengalami banyak kerusakan. Pastikan bodi mobil tidak memiliki goresan, karat, atau kerusakan.

    Jika ada, Anda perlu mempertanyakan apakah mobil tersebut memiliki Riwayat kecelakaan, terkena banjir, dan sebagainya. Hal ini penting agar kondisi mobil dapat diperkirakan.

    • Memeriksa Pajak serta Kelengkapan Dokumen

    Biasanya, banyak mobil bekas dijual dengan harga di bawah rata-rata karena keterlambatan pajak. Namun, Anda perlu mengetahui risiko hal tersebut. 

    Mobil yang terlambat pajak akan dikenakan denda. Artinya, Anda perlu membayar lebih untuk mengurus hal tersebut.

    Tips membeli mobil bekas yang tidak kalah penting yaitu memastikan kelengkapan dokumen. Membeli mobil bekas tanpa dokumen yang lengkap adalah hal yang berisiko. 

    Hal ini karena mengurus dokumen mobil memerlukan proses yang panjang. Jadi, pilihlah mobil dengan dokumen yang lengkap untuk kemudahan Anda.

    • Memeriksa Riwayat Servis Mobil

    Riwayat servis dapat membuktikan apakah sebuah mobil dirawat dengan baik atau tidak. Mobil dengan riwayat servis atau pemeliharaan yang teratur tentu memiliki kondisi yang lebih baik.