Berita

    Pentingnya Mengetahui Torsi Mobil

    Jika Anda adalah pengguna reguler kendaraan mobil, sangat penting untuk memahami seluk beluk komponen serta istilah-istilah terkait mobil. Beberapa komponen dan istilah dalam dunia mobil kerap dianggap sama, namun sebenarnya memiliki arti yang berbeda.  Dua istilah yang kerap disalahpahami sebagai dua hal yang sama adalah torsi mobil dan tenaga mobil. 

    Arti Torsi & Cara Kerjanya

    Pengertian torsi adalah gaya dorong yang dihasilkan sebuah mesin yang menjadikan akselerasi mobil sebagai pusatnya, sedangkan tenaga mobil adalah nilai dari gaya dorong tersebut dikalikan rotasi mesin.

    Selain itu satuan pada torsi dan tenaga juga berbeda. Tenaga mobil memiliki satuan tenaga kuda atau daya kuda, sementara torsi menggunakan satuan Nm (Newton Meter), Kgm (kilogram meter), atau pound feet. Untuk Indonesia satuan torsi yang paling sering dipakai adalah Nm atau Kgm, tergantung pada ketentuan masing-masing pabrikan mobil.

    Untuk memahami keterkaitan torsi dan tenaga aplikasinya bisa terlihat dari bagaimana pembakaran dalam mesin memproduksi gaya untuk mendorong piston dan poros (cranckshaft) ke jarak tertentu. Gaya putar yang dihasilkan piston dan cranckshaft itulah yang dinamai torsi.

    Jadi jika torsi sebuah mesin semakin cepat, tenaga yang dihasilkan pun kian besar. Jika tenaga yang dihasilkan sebuah mobil lebih besar ketimbang gaya torsinya, mobil tersebut akan melaju kian cepat.

    Fungsi Torsi Pada Mobil

    Seperti yang telah disebutkan di atas torsi mobil adalah sistem yang merujuk pada tingkat akselerasi sebuah mobil. Fungsi torsi adalah menentukan secepat apa sebuah mobil bisa melaju saat dipacu di jalanan..

    Jadi mesin mobil mobil akan langsung mati ketika pemanasan mesin gagal menghasilkan torsi. Penyebab dari kegagalan mesin menghasilkan torsi biasanya terdapat masalah pada beberapa komponen seperti pompa bahan bakar, komponen pengapian, hingga vakum bocor dan, suplai bahan bakar yang buruk.

    Kaitan Antara Torsi Mobil dan Tenaga

    • Beda Kinerja Torsi dan Tenaga Mobil

    Berbeda dengan tenaga mobil yang sepenuhnya bergantung pada kinerja mesin, nilai torsi masih bisa diubah dengan keterlibatan komponen lain, misalnya girboks karena nilai torsi juga menggunakan hitungan gigi rasio.

    • Transmisi Mobil Memengaruhi Kinerja Torsi dan Tenaga

    Salah satu hal yang tak banyak diketahui adalah transmisi mobil bisa memengaruhi nilai torsi dan tenaga mobil. Hal ini dikarenakan mobil dengan transmisi otomatis menghasilkan akselerasi yang jauh lebih besar ketimbang mobil dengan transmisi manual.