Berita

    Kenali Cara Merawat Eksterior pada Mobil

    Setiap orang melihat sesuatu, maka hal pertama yang dilihat adalah cover-nya. Begitu pula dengan mobil, orang lain pun akan menilai mobil berdasarkan bagian luarnya terlebih dahulu. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk merawat eksterior mobil Anda dengan benar.

    Cara Merawat Eksterior Mobil yang Benar

    Eksterior mobil adalah bagian luar atau body mobil yang terlihat dari luar. Bila eksterior terlihat tidak menarik, maka bisa menjadi bahan perbincangan orang lain dan membuat kita tidak nyaman saat mengendarainya. Oleh sebab itu, berikut cara merawat eksterior mobil.

    • Jagalah Mobil dari Cuaca Ekstrim

    Tips merawat eksterior mobil yang pertama adalah jagalah mobil Anda dari cuaca ekstrim. Hal ini disebabkan cat mobil Anda bisa lebih cepat terkelupas karena kondisi panas yang ekstrim serta mobil juga lebih cepat berkarat akibat air hujan.

    Berangkat dari alasan diatas, cobalah untuk memarkir mobil Anda di dalam ruangan atau di bawah pohon ketika cuaca panas. Usahakan juga agar mobil tidak terlalu lama terkena hujan. Namun bila terpaksa kehujanan, lakukanlah perawatan untuk mobil Anda.

    • Waktu yang Tepat untuk Mencuci Mobil

    Mencuci mobil adalah suatu kewajiban agar mobil Anda senantiasa terlihat bersih dan mengkilat. Namun, Anda sebaiknya tidak mencuci mobil Anda di bawah terik matahari karena sinar matahari membuat cat mobil Anda mudah terkelupas.

    Waktu terbaik untuk mencuci mobil Anda adalah pagi hari karena pada saat itu matahari belum terlalu terik. Di samping itu, pastikan mesin juga dalam keadaan dingin sebelum Anda mencuci mobil.

    • Mengatur Air Cucian

    Dalam mencuci mobil, sebaiknya Anda menggunakan air tawar dan bersih. Hal ini disebabkan kualitas air juga berpengaruh terhadap keawetan cat mobil Anda.

    Selain itu, Anda juga perlu mengatur tekanan air dari selang saat mencuci. Memang tekanan air keras bisa menghilangkan noda membandel, namun hal itu juga menyebabkan bekas pada cat. Maka dari itu, gunakanlah tekanan air sedang.

    • Jangan Gunakan Deterjen

    Deterjen memang memiliki fungsi untuk membersihkan. Namun, deterjen tidak cocok untuk mobil karena dapat merusak cat mobil itu sendiri.

    Karena tidak bisa memakai deterjen, Anda bisa menggunakan beragam shampo mobil yang beredar di pasaran bila ingin cat mobil Anda tetap terjaga. Sekalipun Anda tidak menemukannya, gunakanlah sabun atau sampo biasa yang bebas deterjen.

    • Segera Keringkan Mobil