Berita

    Ketahui Cara Putar Balik Mobil bagi Pengendara Pemula

    Bisa mengendarai mobil dengan baik adalah kemampuan yang menguntungkan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda sebagai pengendara pemula mempelajari beragam teknik agar kemampuan menyetir mobil Anda semakin membaik. Salah satu teknik tersebut adalah teknik putar balik mobil.

    Meskipun teknik ini terlihat sederhana, namun banyak orang yang masih kesulitan bahkan gagal dalam melakukannya hingga menyebabkan kecelakaan. Maka dari itu, simak ulasannya di bawah ini.

    Teknik Putar Balik Mobil dengan Benar

    Ada dua teknik yang bisa Anda gunakan untuk memutar mobil, yaitu:

            1. Teknik Three Point Turn

    Teknik pertama yang bisa Anda gunakan memutar balik mobil dengan benar adalah three point turn. Cara memutar balik ini biasa digunakan di jalan yang tidak terlalu lebar dengan bergerak maju mundur beberapa kali.

    Cara melakukannya adalah bila Anda menggunakan mobil manual, maka gunakan gigi satu. Setelah itu, putarlah setir ke arah yang berlawanan dari posisi mobil. 

    Contohnya bila mobil Anda berada di kiri, maka putarlah setir ke arah kanan. Injak gas secara perlahan sembari memutar setir tersebut.

    Lalu ubahlah ke gigi mundur dan injak gas lagi sembari memutar setir ke arah kiri. Ulangi lagi cara di atas untuk maju. Jika Anda masih belum bisa putar balik, maka mundurlah lagi dan maju lagi hingga bisa putar balik dengan sempurna.

    Dalam teknik ini, Anda bisa menggunakan teknik hand to hand. Teknik tersebut berarti Anda memutar setir dengan cara menarik serta mendorong setir tersebut.

    Jadi bila Anda ingin berbelok, tarik setir ke bawah menggunakan tangan kanan serta dorong setir menggunakan tangan kiri secara bersamaan. Hal ini juga berlaku sebaliknya.

            2. Teknik U Turn

    Teknik putar balik mobil selanjutnya adalah teknik U Turn. Teknik ini lebih mudah dilakukan daripada teknik sebelumnya. Biasanya teknik ini digunakan di jalan yang lebih lebar dan ketika ingin masuk ke jalur dengan arah berlawanan.

    Bila Anda ingin putar balik menggunakan teknik ini, maka bergeraklah perlahan ke arah pembatas jalan sebelum Anda ingin putar balik. Lalu, turunkan gigi mobil Anda ke pertama.

    Berhentilah sejenak dengan menginjak pedal rem dan kopling. Perhatikan jalanan terlebih dahulu hingga aman untuk dilintasi. Jika sudah, jalankan mobil secara perlahan sembari melepas kopling dan memutar kemudi.

    Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan