Berita

    Ketahui Cara & Prosedur Dalam Mengurus Plat Cantik

    Boleh dikatakan bahwa plat nomor adalah salah satu cara untuk mengetahui identitas dari kendaraan bermotor, termasuk mobil.

    Umumnya, nomor plat ditentukan oleh pihak kepolisian dengan nomor yang cenderung acak. Namun bagi sebagian orang, nomor acak tersebut tidaklah menarik. Untuk itu, banyak pemilik kendaraan yang lebih memilih untuk membeli nomor plat cantik.

    Serinya pun beragam, bisa satu hingga 4 angka, sesuai keinginannya. Namun tentunya hal ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, termasuk membayar lebih untuk nomor yang diinginkan. 

    Dan berikut adalah beberapa langkah yang harus dilakukan bila menginginkan plat nomor cantik.

            1. Siapkan Dokumen untuk Urus Plat Nomor Mobil

    Pertama adalah dengan mempersiapkan seluruh dokumen kendaraan. Mulai dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), bukti pembelian kendaraan, dan dokumen lampiran dari dealer lainnya.

            2. Datang ke SAMSAT

    Setelah seluruh dokumen tersebut terkumpul maka datanglah ke Samsat terdekat. Bila di Jakarta, Anda bisa datang ke loket khusus Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan di Gedung Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Perlu diketahui bahwa proses ini sebaiknya dilakukan sendiri agar lebih mudah.

            3. Isi Formulir Khusus Plat Nomor Cantik Mobil

    Setelah itu isilah formulir permohonan dengan lengkap. Perlu diingat, jenis formulir NRKB (khusus) berbeda dengan formulir TNKB (umum). Formulir TNKB merupakan formulir umum untuk proses pengurusan plat nomor biasa, sementara formulir NRKB merupakan formulir khusus yang ditujukan untuk proses pengurusan plat nomor cantik.

            4. Pilih Plat Nomor Kendaraan yang Diinginkan

    Setelah lengkap mengisinya maka serahkan formulir tersebut kepada petugas. Mereka akan langsung memberitahu Anda tentang kesediaan plat nomor kendaraan yang diajukan. Apabila ternyata sudah terpakai, pilihlah nomor lain yang Anda inginkan.

            5. Pembayaran dan Pemesanan Diproses

    Setelah semua langkah tersebut dilakukan maka langkah berikutnya adalah membayarnya. Setelah pembayaran dilakukan maka plat nomor yang diajukan akan langsung diproses oleh petugas loket. Anda juga akan mendapatkan sertifikat mengenai plat nomor mobil cantik sesuai dengan yang diajukan. Sertifikat ini merupakan bukti bahwa plat dengan nomor seri tersebut sudah resmi menjadi milik Andas selama beberapa tahun ke depan.