Berita

    Aksesoris Mobil Wajib untuk Perjalanan Mudik

    Sudah menjadi tradisi jika banyak orang akan melakukan mudik ke kampung halaman masing-masing saat lebaran. Supaya perjalanan jarak jauh Anda berjalan lancar dan aman, ada beberapa aksesoris mobil wajib untuk perjalanan mudik yang perlu dibawa.

    Menggunakan mobil pribadi saat mudik memang lebih disukai karena lebih irit dan nyaman. Meski menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus tetap melakukan persiapan mudik dengan baik apalagi saat menjelang lebaran jalanan cenderung macet.

    Inilah Aksesoris Mobil Wajib untuk Perjalanan Mudik

    Berikut beberapa aksesoris mobil yang wajib Anda dipasang dan dibawa saat perjalanan mudik:

    • Tool Kit

    Sebelum melakukan perjalanan, Anda perlu mengecek kondisi mobil Anda di bengkel untuk memastikan jika mobil dalam kondisi prima. Untuk berjaga-jaga jika mobil Anda mogok ban bocor saat di perjalanan maka Anda perlu membawa tool kit.

    Tool kit yang biasanya perlu dibawa diantaranya seperti senter, dongkrak, obeng, kunci roda, dan sejenisnya. 

    • Kabel Jumper

    Kabel jumper adalah kabel yang ujungnya berbentuk seperti capitan. Kabel ini berfungsi untuk mengalirkan arus listrik pada mobil jika tiba-tiba mobil Anda mogok saat di tengah perjalanan. 

    Kabel ini sangat penting terutama jika Anda melakukan perjalanan pada malam hari dan sulit menemukan bengkel saat mobil mogok.

    • Car Charger/Charger USB

    Aksesoris penting yang tidak boleh sampai terlewatkan yaitu car charger atau charger USB. Ponsel memiliki fungsi yang penting terutama untuk sarana komunikasi sehingga jangan sampai ponsel Anda mati karena kehabisan baterai.

    power bank dan usbUnsplash.com

    Anda bisa memilih car charger yang mempunyai banyak slot sehingga bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain seperti tws, tablet, dan sejenisnya.

    • Kotak P3K

    Setiap bepergian jangan lupa untuk membawa kotak P3K. Aksesoris mobil wajib untuk perjalanan mudik ini sangat penting untuk memberi pertolongan secepatnya jika Anda mengalami cedera atau kecelakaan ringan selama di perjalanan. 

    • Phone Holder

    Seperti yang Anda ketahui bermain ponsel saat menyetir merupakan aktivitas yang bisa membahayakan. Alat ini penting jika Anda menggunakan ponsel sebagai alat navigasi dan mobil Anda perlu dilengkapi dengan head unit. 

    Jadi, apabila Anda perlu menggunakan ponsel Anda tidak perlu memegang ponsel Anda dan Anda tetap bisa fokus dengan jalanan.

    • Pengharum Mobil

    Selama melakukan perjalanan jarak jauh, mobil bisa mengeluarkan bau yang kurang sedap baik karena makanan maupun sampah di dalam kabin. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memasang pengharum mobil sehingga kabin menjadi harum setiap saat. 

    • Tempat Sampah

    Keberadaan sampah bungkus makanan atau minuman di dalam mobil bisa menjadi sumber masalah jika tidak diatasi dengan benar. Sampah yang berserakan tidak hanya membuat kabin menjadi kotor namun juga bisa menimbulkan bau tak sedap.

    Untuk menghindari sampah beserakan di dalam mobil, sebaiknya Anda juga membawa tempat sampah.

    • Pompa Elektrik

    Tekanan angin ban yang cukup sangat diperlukan saat perjalanan jauh. Ban yang kurang angin tidak hanya bisa merusak roda namun juga berisiko ban pecah. 

    Meski sudah diisi sebelum berangkat namun ban mobil Anda bisa saja kempes saat di jalan tol atau di jalan dimana Anda tidak bisa menjumpai bengkel atau SPBU. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, Anda bisa membawa pompa elektrik sehingga Anda bisa langsung memompa ban tanpa perlu ke bengkel.