Berita

    Jangan Anggap Remeh! Tips Mengemudi Mobil Matic bagi Pemula

    Banyak yang beranggapan jika mengemudi mobil matic lebih mudah ketimbang transmisi manual. Padahal meski terlihat lebih mudah, Anda tetap membutuhkan keahlian dan jam terbang. Supaya bisa berkendara dengan baik.

    Ada beberapa tips bagi Anda yang baru saja memiliki mobil dengan transmisi matic. Sebaiknya perhatikan tips berikut ini untuk kelancaran dalam berkendara.

    Cara Mengemudi Mobil Matic

    Mobil transmisi matic atau dikenal sebagai mobil otomatis, adalah jenis mobil yang dilengkapi dengan transmisi otomatis. Transmisi otomatis menggantikan kebutuhan untuk mengoperasikan kopling secara manual seperti pada mobil manual. 

    Dalam mobil jenis matic, perpindahan persneling secara otomatis terjadi tanpa perlu melakukan tindakan manual dari pengemudi. Berikut ini cara mengemudi mobil dengan transmisi matic:

    • Kenali Komponen Kendaraan

    Pahami posisi dan fungsi komponen penting dalam mobil jenis matic, seperti tuas persneling, pedal rem, pedal gas, dan rem tangan (jika ada). Baca panduan pengguna mobil Anda untuk memahami tata letak dan operasi komponen secara mendetail.

    Transmisi otomatis dalam mobil ini bekerja dengan menggunakan sistem hidrolik atau sistem elektronik untuk mengontrol perpindahan persneling. Maka dari itu, Anda tidak akan menemukan kopling seperti yang ada pada mobil manual.

    • Posisi yang Nyaman

    Pastikan posisi duduk dan pengaturan kemudi sudah nyaman sebelum memulai. Atur supaya Anda bisa meraih pedal dan tuas dengan mudah dan memiliki visibilitas yang baik.

    Setelah semua telah nyaman, baru Anda bisa mulai berkendara. Jangan lupa untuk memasang sabuk pengaman sebelum berkendara, ya.

    • Pindahkan Tuas Persneling ke D (Drive)

    Setelah memastikan mobil dalam posisi netral, pindahkan tuas persneling ke posisi D untuk menggerakkan mobil maju. Jika ingin mundur, pindahkan ke posisi R (Reverse). 

    Pada beberapa mobil, ada juga posisi lain seperti N (Neutral) dan L (Low) yang berfungsi untuk kondisi tertentu. Pastikan Anda sudah menghafalkan masing-masing tuas persneling sebelum berkendara!

    • Gunakan Rem dengan Benar

    Saat ingin berhenti atau memperlambat kendaraan, gunakan pedal rem dengan lembut dan bertahap. Rem mobil matic cenderung lebih responsif, jadi Anda perlu sedikit tekanan pada pedal rem untuk mengendalikannya.