Berita

    Fungsi dan Tips Memilih Kacamata Mengemudi yang Aman

    Saat memutuskan untuk membeli kacamata jangan karena gengsi atau asal membeli berdasarkan tren. Pasalnya, tidak semua jenis kacamata mengemudi cocok dan aman untuk digunakan saat berkendara.

    Setiap kacamata tentu memiliki fungsi yang ditujukan untuk masing-masing individu. Seperti, kacamata minus, kacamata baca, kacamata hitam, hingga kacamata yang digunakan khusus untuk mengemudi. 

    Sebenarnya, apa fungsi dari kacamata untuk pengemudi atau driving glasses dan bagaimana cara memilihnya? simak informasi seputar driving glasses berikut ini. 

    Fungsi Pengemudi Menggunakan Kacamata

    Jenis kacamata mengemudi yang aman adalah yang dirancang secara khusus untuk membantu Anda saat mengendarai kendaraan di jalan raya.  Fungsi kacamata bagi pengemudi diantaranya adalah sebagai berikut: 

    • Mengurangi atau menghindari sinar menyilaukan yang bisa merusak daya pandang pengemudi.
    • Membuat penglihatan menjadi lebih nyaman.
    • Membuat mata tidak mudah lelah
    • Bisa mengambil objek dalam pencahayaan rendah.
    • Penglihatan menjadi optimal sepanjang hari, baik siang maupun malam. 
    • Mencegah merasa buta sesaat akibat sinar yang menyilaukan dari pantulan cahaya terang seperti lampu jalan dan lampu depan kendaraan lain di malam hari  . 
    • Bisa tampil lebih gaya saat mengemudi. 

    Tips Memilih Jenis Kacamata untuk Mengemudi

    Walau terlihat sepele, namun pemilihan kacamata yang tepat akan sangat membantu Anda saat berada berkendara di jalan. Ada beberapa tips memilih kacamata mengemudi yang aman bagi Anda, diantaranya adalah: 

            1. Harus Ada UV Protection

    Driving glasses berbeda dengan kacamata hitam atau sunglasses pada umumnya. Sebab, tugas utamanya adalah untuk mengurangi intensitas cahaya yang diterima oleh mata agar tidak merasa silau dan mengganggu penglihatan. 

    Itu sebabnya, pemilihan kacamata jenis ini harus memenuhi spesifikasi khusus. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih kacamata mengemudi yang memiliki fitur UV Protection. 

    Gunanya adalah untuk mengurangi paparan radiasi sinar matahari yang diterima oleh mata. Itu sebabnya, antara kacamata pengemudi yang digunakan siang hari berbeda dengan malam hari. 

    Untuk siang hari, lensa pada kacamata pengemudi umumnya lebih gelap. Sedangkan kacamata pengemudi di malam hari umumnya menggunakan lensa yang berwarna kekuningan.