Berita

    Tips Membersihkan Noda Burung yang Menempel di Mobil

    Noda kotoran burung merupakan salah satu jenis noda yang dapat menempel kuat pada mobil. Pasalnya, noda ini mengandung unsur asam yang dapat merusak warna cat pada body mobil. 

    Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membersihkan noda burung dengan segera sebelum mengering. Anda bisa membersihkannya menggunakan air atau diusap menggunakan lap bersih. Lalu bagaimana jika kotoran sudah terlanjur mengering?

    Tips Membersihkan Noda Kotoran Burung yang Membandel

    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan kotoran burung di mobil, di antaranya sebagai berikut:

    • Bersihkan Noda Burung Sesegera Mungkin

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, noda burung harus dibersihkan sesegera mungkin. 

    Kotoran burung mengandung asam yang dapat mengikis cat mobil secara perlahan. Selain itu, kotoran burung juga dapat meninggalkan noda yang sulit dihilangkan.

    Jika Anda menemukan noda burung di mobil, segera bersihkan dengan air hangat. Gunakan lap microfiber untuk membersihkan noda. Lap microfiber dapat membantu mengangkat noda tanpa merusak cat mobil.

    • Gunakan Cairan Pembersih Khusus

    Jika noda kotoran burung sudah mengering, Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus untuk menghilangkannya. Cairan pembersih khusus untuk noda burung biasanya mengandung senyawa yang dapat melarutkan kotoran burung.

    Gunakan cairan pembersih sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Pastikan untuk menggunakan cairan pembersih yang tidak merusak cat mobil.

    • Gunakan Alkohol

    Selain cairan pembersih khusus, Anda juga dapat menggunakan alkohol untuk menghilangkan noda burung. Alkohol dapat membantu melarutkan kotoran burung dan menghilangkan noda.

    noda burung di mobilFreepik.com

    Gunakan alkohol 70% untuk membersihkan noda burung. Caranya sangat mudah, celupkan lap microfiber ke dalam alkohol dan gosokkan ke noda kotoran burung. Gosok secara perlahan dan hati-hati agar tidak merusak cat mobil.

    • Pakai Air Panas

    Untuk membersihkan noda burung pada mobil, Anda juga bisa mengandalkan air panas. Air panas dapat membantu kotoran burung tidak mengeras pada permukaan mobil. 

    Setelah kotoran berhasil terangkat, bersihkan kembali permukaannya menggunakan shampo khusus mobil. Tujuannya agar kotoran yang masih tersisa bisa terangkat sempurna.

    Setelah kotorannya benar-benar bersih, bilas kembali menggunakan air bersih. Keringkan kain bagian tersebut menggunakan microfiber. Untuk perlindungan tambahan, Anda juga bisa mengoleskan cairan wax pada permukaan body mobil.

    • Gunakan Kompon

    Jika noda burung sudah sangat sulit dihilangkan, Anda dapat menggunakan kompon untuk menghaluskan permukaan cat mobil. Kompon dapat membantu menghilangkan noda dan mengembalikan kilau cat mobil.

    Gunakan kompon sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Pastikan untuk menggunakan kompon yang tidak merusak cat mobil. Adapun caranya yaitu sebagai berikut: 

    1. Siapkan tisu basah, tisu kering, kompon, microfiber, dan baby oil;

    2. Tuangkan baby oil pada tisu hingga basah dan berminyak;

    3. Usapkan pada kotoran burung yang terdapat pada permukaan mobil;

    4. Lap ke satu arah dengan perlahan;

    5. Ulangi langkah tersebut hingga noda tersebut bersih;

    6. Pastikan tidak menekan terlalu keras agar tidak merusak cat mobil;

    7. Usap sisa minyak yang menempel menggunakan tisu kering atau lap kering;

    8. Ambil kompon secukupnya, oleskan pada kotoran yang masih menempel pada mobil;

    9. Biarkan selama 10-15 menit hingga kompon meresap;

    10. Bersihkan kompon menggunakan kain bersih atau microfiber ke satu arah atau secara memutar;

    11. Ulangi langkah sebelumnya bila noda masih belum hilang.

    Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan noda kotoran burung. Bila semua tips di atas tidak berhasil, satu-satunya cara untuk menghilangkan kotoran tersebut yaitu dengan melakukan pengecatan ulang.