Berita

    Suka Antar Jemput Anak? Tips Mengemudi Bagi Ibu Rumah Tangga

    Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah mengantar jemput anak dengan mobil. Namun sebelum melakukannya, berbagai tips mengemudi bagi ibu rumah tangga patut untuk diperhatikan.

    Tips tersebut bisa membantu ibu rumah tangga untuk mengantar jemput anak dengan aman. Tak hanya itu saja, perjalanan antar jemput pun bisa berlangsung dengan nyaman dan menyenangkan. Ikuti uraian berikut ini untuk mengetahui tipsnya!

    Tips Mengemudi bagi Ibu Rumah Tangga untuk Antar Jemput Anak

    Tips mengemudi ini bisa diperhatikan oleh ibu rumah tangga demi keselamatan dan kenyamanan diri sendiri maupun anak. Berikut di antaranya:

    • Siapkan Car Seat

    Car seat merupakan tempat duduk khusus bayi hingga anak umur 10 tahun yang dapat membuatnya nyaman dan aman. Jadi, Anda bisa menggunakannya saat mengantar jemput anak.

    Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua car seat cocok untuk segala umur. Lebih baik, Anda menggunakan car seat sesuai umur untuk pengamanan ekstra. Supaya anak tidak bosan, Anda bisa memberinya mainan di car seat.

    Lalu, perhatikan juga aturan pemakaiannya. Sebagian orang berpendapat bahwa car seat perlu menghadap ke belakang untuk bayi hingga usia dua tahun atau anak mencapai batas berat serta tinggi maksimal. Setelah itu, car seat bisa menghadap ke depan.

    • Gunakan Sabuk Pengaman

    Jika anak sudah besar, maka Anda bisa membiarkannya duduk sendiri tanpa car seat. Namun perlu diperhatikan bahwa Anda perlu memakaikannya sabuk pengaman untuk meminimalisir cedera jika terjadi kecelakaan.

    menggunakan seat beltFreepik.com

    Selain itu, pemakaian sabuk pengaman juga telah diatur dalam undang-undang. Jika melanggarnya, maka Anda bisa terkena tilang.

    Terlebih lagi, saat ini tilang sudah diberlakukan secara elektronik sehingga dapat mendeteksi pelanggaran tersebut dengan lebih baik.

    • Tepikan Mobil jika Ada Pembicaraan Serius

    Tips mengemudi bagi ibu rumah tangga lainnya adalah menepikan mobil jika ada pembicaraan serius. Pembicaraan ini biasa terjadi terutama jika anak mengalami masalah di sekolahnya.

    Pembicaraan ini pun kerap menyita konsentrasi sehingga Anda tak bisa memperhatikan jalan dengan baik. Oleh sebab itu, tepikan mobil tersebut jika ada pembicaraan serius. Selesaikan terlebih dahulu pembicaraan tersebut sebelum melaju kembali.

    • Belajar Pengetahuan Dasar

    Apapun bisa terjadi pada mobil kapanpun dan di mana saja, termasuk saat Anda mengantar jemput anak. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui beragam pengetahuan dasar terkait mobil dan berbagai masalah yang terjadi.

    Dengan memiliki pengetahuan tersebut, Anda bisa melakukan “pertolongan pertama” untuk memperbaikinya. Selain itu, pengetahuan ini juga bisa membuat Anda lebih tenang jika terjadi kerusakan.

    • Gunakan Jalur yang Berbeda

    Terkadang melewati jalur yang sama setiap harinya bisa membuat anak mengalami kebosanan. Oleh sebab itu, tips mengemudi bagi ibu rumah tangga berikutnya yakni menggunakan jalur yang berbeda. Hal ini bisa meningkatkan suasana hati anak.

    • Siapkan Nomor Darurat

    Selaras dengan yang telah disinggung sebelumnya, apapun bisa terjadi. Oleh sebab itu, siapkan nomor darurat seperti bengkel, polisi, rumah sakit, dan orang terdekat yang mudah dihubungi.

    Bila perlu, tulis nomor tersebut dan simpan di tempat yang aman di mobil sehingga Anda dapat tetap menghubunginya meskipun ponsel mati.