Berita

    Tips Agar Mudah Parkir Mundur bagi Pemula

    Sesuai namanya, parkir mundur (reverse parking) adalah proses memarkirkan kendaraan dengan cara memundurkannya ke area parkir yang dituju. Dalam teknik ini, bagian belakang kendaraan akan menjadi bagian utama yang lebih dahulu masuk ke dalam tempat parkir.

    Biasanya, metode reverse parking ini dilakukan untuk memarkir kendaraan di area yang terbatas, seperti di sela-sela kendaraan lain di jalanan atau di ruang parkir yang sempit. Itu sebabnya, teknik ini cukup sulit untuk dilakukan oleh pemula.

    Tips dan Langkah-Langkah Parkir Mundur bagi Pemula

    Meskipun cukup sulit, namun bukan berarti para pemula tidak bisa belajar melakukan teknik parkir satu ini. Sebagai panduan, berikut ini tips dan langkah-langkah yang perlu Anda terapkan untuk memarkirkan kendaraan secara mundur atau terbalik.

    • Pilih Area Parkir

    Pertama-tama, pilihlah area parkir yang akan digunakan. Bagi pemula, sebaiknya hindari ruang parkir yang terlalu sempit karena dapat membuat Anda merasa terjepit dan sulit untuk bergerak dengan leluasa.

    Sebaiknya, cari ruang parkir yang memiliki visibilitas yang baik, terutama ketika Anda akan keluar dari tempat parkir. Hindari ruang parkir dengan rintangan yang dapat menghalangi pandangan, seperti tiang atau pohon besar.

    • Siapkan Kendaraan

    Selanjutnya, siapkan dan pastikan kendaraan dalam kondisi yang baik. Periksa fungsi rem, posisi spion, dan kebersihan kaca depan dan belakang. Jika ada hambatan di bagian belakang, pastikan untuk menghilangkannya sebelum memulai manuver.

    Pastikan juga Anda memiliki visibilitas atau jarak pandang yang baik dengan cara mengatur posisi duduk dan spion sehingga dapat melihat dengan jelas seluruh kondisi di sekitar kendaraan dan tempat parkir.

    • Nyalakan Lampu Sinyal Belakang

    Sebelum memulai parkir mundur, nyalakan lampu sinyal di bagian belakang untuk memberi tanda kepada pengemudi lain bahwa Anda akan melakukan manuver. Kemudian perlahan-lahan, lepaskan rem dan mulailah bergerak mundur.

    Pastikan untuk mengontrol kecepatan dan menjaga kendaraan bergerak dengan perlahan agar Anda memiliki waktu yang cukup untuk mengamati lingkungan sekitar. Perhatikan juga jarak kendaraan Anda dengan kendaraan lain di sekitar.

    • Gunakan Spion untuk Melihat ke Belakang

    Selama dalam proses parkir, penting untuk terus memantau lingkungan sekitar, terutama ke arah belakang. Periksa spion kendaraan secara berkala untuk memastikan tidak ada kendaraan lain atau pejalan kaki yang mendekat.