Berita

    Ini Alasan Kenapa Tidak Boleh Bermain HP di SPBU

    Tentu Anda sudah sering sekali melihat tanda larangan bermain HP di SPBU. Selain larangan bermain HP, terdapat pula tanda larangan merokok, memotret serta menyalakan api. Lalu, apa alasan tidak boleh bermain HP saat pengisian bahan bakar? 

    Banyak yang berasumsi jika bermain HP saat pengisian BBM bisa menyebabkan ledakan atau kebakaran. Apakah pernyataan tersebut tergolong mitos atau fakta? Intip penjelasannya pada ulasan berikut!

    Alasan Larangan Bermain HP di SPBU

    Berikut beberapa alasan mengapa pengemudi dilarang bermain ponsel saat mengisi bahan bakar kendaraan:

    • Dapat Mengganggu Mesin Pompa Bensin

    Kemungkinan terjadinya kebakaran atau ledakan karena bermain ponsel saat pengisian BBM sangatlah kecil. Dari sekian banyak kasus kebakaran yang terjadi di pom bensin seluruh dunia, belum ada yang disebabkan karena ponsel. 

    Radiasi elektronik  ponsel yang dianggap dapat menimbulkan kebakaran sudah terurai di udara sehingga kecil kemungkinannya untuk menimbulkan ledakan. 

    Alasan mengapa pengemudi dilarang bermain HP saat mengisi bahan bakar adalah karena sinyal ponsel dapat mengganggu akurasi dan kinerja mesin pompa BBM.

    Sinyal atau gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh ponsel jika terlalu besar dapat mengganggu mesin elektrik pompa BBM sehingga akurasinya bisa menurun. 

    Jika akurasi mesin BBM terganggu maka jumlah pengisian BBM bisa tidak sesuai dengan yang diinginkan. Misal Anda ingin mengisi 5 liter namun yang keluar hanya 1 liter. Itulah mengapa Anda tidak diperkenankan bermain HP saat di pom bensin.

    • Menjaga Keamanan Pengendara 

    Selain mengganggu akurasi mesin BBM, larangan ini juga dibuat agar pengemudi lebih fokus saat mengisi bahan bakar dan tidak terjadi kecelakaan. Seperti yang Anda ketahui banyak kecelakaan terjadi karena pengemudi bermain ponsel saat berkendara. 

    Jika memang bermain HP dapat mengganggu akurasi mesin BBM, namun mengapa SPBU kini memperbolehkan pembayaran non-tunai dan verifikasi pembelian solar dan pertalite melalui aplikasi? 

    Meski diperbolehkan, namun biasanya pengendara atau pengemudi melakukan transaksi dengan menjaga jarak sekitar 1,5 meter dari mesin BBM.

    Penyebab Kebakaran di SPBU

    mobil terbakar

    unsplash.com

    Jika kemungkinan terjadinya kebakaran atau ledakan karena bermain HP di SPBU kecil, lalu apa penyebab kebakaran saat mengisi bensin? 

    • Luapan Bensin

    Salah satu penyebabnya adalah bensin luber keluar dari tangki dan mengenai bagian kendaraan yang panas. 

    Percikan api meski kecil jika bertemu dengan uap gas yang berasal dari bahan bakar maka sangat mungkin menyebabkan terjadinya kebakaran. 

    • Kondisi Kendaraan yang Tidak Baik

    Selain itu, kebakaran juga bisa terjadi ketika uap bahan bakar bertemu dengan percikan api yang muncul dari sistem kelistrikan, knalpot, maupun busi yang dalam kondisi tidak baik atau sudah terlampau tua. 

    Jadi, biasanya kebakaran terjadi karena percikan api yang muncul dari kendaraan bukan ponsel. Sinyal yang dihasilkan ponsel terlalu kecil untuk dapat menghasilkan percikan api atau ledakan.

    Dari ulasan di atas Anda sudah tahu jika bermain ponsel saat isi bensin tidak menimbulkan ledakan. Namun bukan berarti Anda boleh bermain ponsel saat mengisi bensin. Sebaiknya tetap patuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak SPBU demi keamanan.

    Selalu cek kondisi kendaraan Anda secara berkala untuk mencegah terjadinya kecelakan atau hal yang tidak diinginkan saat pengisian bahan bakar. Anda dapat melakukan servis dengan mudah di suzukimobilriau.co.id.