Ternyata Berbeda, Ini Perbedaan Kompresi dan Rasio Kompresi
Kompresi adalah proses di mana campuran bahan bakar dan udara dikompresi oleh piston untuk menciptakan tekanan yang digunakan untuk menggerakkan piston ke bawah saat proses pembakaran.
Meski terdengar mirip dengan istilah rasio untuk kompresi, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Lalu, apa perbedaan antara kompresi dan rasio untuk kompresi pada mesin kendaraan bermotor?
Kompresi Adalah?
Jika bertanya ‘apa itu kompresi?’ maka seperti yang telah dijelaskan, kompresi merupakan proses di mana campuran bahan bakar dan udara dikompresi oleh piston di dalam ruang bakar mesin.
Selama proses kompresi, piston yang bergerak ke atas memampatkan campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar sehingga meningkatkan tekanan.
Tekanan yang dihasilkan oleh proses kompresi ini kemudian digunakan untuk menggerakkan piston ke bawah saat proses pembakaran.
Apa Itu Rasio Kompresi?
‘Rasio’ kompresi merupakan perbandingan antara volume total ruang bakar mesin dan volume ruang bakar saat piston berada di titik terendah atau titik mati bawah (TMB) dan titik tertinggi atau titik mati atas (TMA).
Rasio ini dapat dihitung dengan membagi volume total ruang bakar mesin dengan volume ruang bakar pada TMB atau TMA.
Perbedaan Kompresi pada Mesin Mobil dan Rasio untuk Kompresi
Terdapat sejumlah perbedaan antara kompresi pada mesin mobil dan rasio. Berikut adalah poin-poin dan penjelasannya:
- Fungsi
Pada mesin mobil, kompresi adalah proses di mana campuran bahan bakar dan udara dikompresi oleh piston untuk menciptakan tekanan yang digunakan untuk menggerakkan piston ke bawah saat proses pembakaran.
Sedangkan, rasio untuk kompresi menggambarkan perbandingan antara volume total ruang bakar mesin dengan volume ruang bakar pada titik terendah atau titik mati bawah dan titik tertinggi atau titik mati atas.
- Pengaruh Terhadap Kinerja Mesin
Kompresi adalah kunci untuk meningkatkan efisiensi dan performa mesin. Kompresi yang lebih tinggi pada mesin mobil akan meningkatkan tekanan di dalam silinder dan meningkatkan efisiensi pembakaran.
Sehingga, semakin tinggi kompresi pada mesin, semakin efisien mesin tersebut dalam menghasilkan tenaga. Sedangkan, rasio yang lebih tinggi akan meningkatkan efisiensi termal mesin dan menghasilkan tenaga yang lebih besar.
- Pengaruh Terhadap Pemilihan Bahan Bakar
Bahan bakar memiliki peran penting dalam menentukan rasio untuk kompresi mesin. Jika menggunakan bahan bakar dengan oktan yang tidak sesuai, maka akan memicu kerusakan pada mesin.
Pada mesin mobil dengan rasio untuk kompresi yang tinggi, penggunaan bahan bakar dengan oktan yang rendah dapat menyebabkan mesin mengalami knocking atau ketukan.
Sementara pada mesin dengan rasio rendah, namun menggunakan bahan bakar dengan oktan yang terlalu tinggi akan menyebabkan bahan bakar terbakar terlalu lambat dan menghasilkan tenaga yang rendah.
- Cara Menghitung
Kompresi pada mesin mobil dihitung dengan membandingkan volume udara dan bahan bakar yang masuk dengan volume yang dihasilkan saat piston bergerak ke atas.
Sedangkan rasio untuk kompresi dihitung dengan membandingkan volume total ruang bakar mesin dengan volume ruang bakar pada titik terendah dan titik tertinggi.
Kompresi dan rasio untuk kompresi merupakan istilah teknis yang sering dibahas, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam hal fungsi dan pengaruh terhadap kinerja mesin kendaraan bermotor.
Kompresi adalah bagian penting dari mesin kendaraan bermotor yang harus selalu diperhatikan. Oleh karena itu, perawatan berkala seperti pemeriksaan tekanan kompresi dan penggantian komponen mesin yang sudah rusak akan sangat diperlukan.
Agar tetap selalu dalam keadaan prima, pastikan Anda selalu melakukan perawatan berkala di bengkel resmi terdekat atau kunjungi website https://suzukimobilriau.co.id/ untuk booking waktu servicenya.