Berita

    Featured Image

    Simak Cara Mengkilapkan Cat Mobil

    Bagaimana cara Anda merawat mobil kesayangan? Apakah hanya fokus pada bagian mesin saja? Memang komponen mesin merupakan hal yang penting untuk diperhatikan kemaslahatannya. Namun, ada hal yang juga tidak kalah penting yaitu perawatan body mobil.

    Merawat body mobil merupakan hal yang harus Anda prioritaskan juga. Karena jika tidak, maka cat akan kusam dan tentu itu akan mengganggu penampilan mobil tersebut. Maka dari itu, Anda agar sebaiknya peka terhadap kilap atau kusamnya body mobil.

    Dengan cara mengkilapkan cat mobil, maka kendaraan Anda yang lama sekalipun juga akan terlihat elegan. Saat mobil masih baru, sudah pasti cat mobil masih dalam kondisi mengkilap. Namun lambat laun, cat tersebut memudar warnanya.

    Jika Anda mendambakan body mobil yang mengkilap, maka Anda sebaiknya mengetahui cara mengkilapkan body mobil tersebut. Namun sebelum memulai caranya, Anda dapat mengidentifikasi tipe & jenis cat yang melapisi body mobil Anda.

    Tipe cat mobil

    Perlu Anda ketahui, terdapat 3 tipe cat mobil yang eksis di dunia otomotif saat ini. Untuk ringkasnya adalah di bawah ini.

    • Nitrocellulose (NC)

    Tipe cat ini kerap digunakan untuk melapisi body mobil keluaran tahun 1980-an. Cat mobil bertipe nitro cellulose memanglah tidak stabil warnanya dan kilapnya. Oleh karena itu, Anda sebaiknya rutin memolesnya.

    Apabila mobil Anda dilapisi oleh tipe cat NC, sebaiknya Anda perlu merawatnya menggunakan obat poles berbahan dasar silikon. 

    • Nitro cellulose modified

    Tipe cat ini lazimnya dipakai pada mayoritas mobil keluaran tahun 1990-an. Bahan dasar yang digunakan cat ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tipe NC reguler, akan tetapi pada versi modifikasi ini telah ditambahkan bahan hardener.

    Bahan tersebut adalah penguat warna cat mobil. Kemudian untuk perawatan yang oke, Anda pun dapat memakai bahan poles yang dipakai tipe cat NC reguler sebelumnya.

    • Polyurethane (PU)

    Tipe cat ini kerap melapisi mayoritas mobil yang diproduksi pada tahun 2000-an ke atas. Daya tahan cat yang lebih tinggi dibanding dengan sejumlah tipe cat sebelumnya merupakan salah satu keunggulan dari cat polyurethane.

    Merawat cat mobil ini sebaiknya memakai bahan perawatan yang terbuat dari bahan organik, seperti contoh yang tercocok adalah carnauba

    Akan tetapi bukan hanya itu saja, Anda dapat menggunakan produk perawatan poles organik lainnya, yang penting jangan sekali-kali menggunakan bahan perawatan dari silikon.