Berita

    Pentingnya Mengawasi Anak saat Berada di Sekitar Mobil

    Ketika berbicara tentang sang buah hati, banyak tips yang harus diketahui, salah satunya tips mengawasi anak saat dia bermain atau berada di dekat mobil yang sedang terparkir entah dalam keadaan menyala atau tidak.

    Menjadi hal yang kerap kali tidak dihiraukan bahkan tidak sedikit yang menganggap hal ini remeh, nyatanya telah banyak pemberitaan yang membahas tentang berbagai anak yang celaka ketika bermain atau berada di dekat mobil yang terparkir.

    Berlanjut dari pembahasan di atas, tulisan lanjutan pada artikel ini akan mengupas tuntas berbagai tips yang bisa dan penting untuk digunakan guna keselamatan sang buah hati.

    Tips Mengawasi Anak saat Berada di Sekitar Mobil

    Sebagai orang tua, keselamatan sang buah hati adalah tanggung jawab yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

    Anak bisa berada dalam bahaya kapanpun, dimanapun, dan oleh apapun, salah satunya ketika bermain di sekitar mobil yang terparkir tanpa adanya pengawasan dari orang tua.

    Berdasarkan hal itu pula, mari intip berbagai pembahasannya melalui berbagai poin-poin berikut ini:

    • Tingkatkan Sensitivitas Diri Anda

    Ketika anak sedang bermain di dekat mobil yang sedang parkir, pastikan Anda selalu mengawasinya dengan meningkatkan sensitivitas atau kepekaan pribadi.

    Tips mengawasi anak ini sangat penting Anda lakukan, apalagi jika Anda tidak bisa berada di samping atau dekat Anak secara langsung karena ada tugas di rumah yang harus dilakukan.

    Dengan kepekaan itu, Anda akan cepat sadar dan melakukan penyelamatan dan perlindungan ketika anak tiba-tiba berada dalam bahaya oleh mobil yang berada di dekatnya.

    Dalam hal ini, fokuskan pada kepekaan indera penglihat, pendengar, dan insting agar kemampuan menanggapi bisa semakin meningkat guna mengurangi resiko celaka yang bisa anak alami.

    • Pastikan Pintu Mobil Semuanya Terkunci

    Saat sang buah hati sedang bermain di dekat mobil tersebut, salah satu tips mengawasi anak yang krusial untuk dilakukan adalah pastikan kendaraan tersebut terkunci semuanya.

    mengunci pintu mobil

    Baik itu dalam keadaan hidup maupun keadaan mati. Sebab, ini penting agar anak tidak tiba-tiba masuk dalam mobil dan kemudian terkunci di dalamnya lalu sesak napas maupun terkena hal lainnya yang bisa membahayakan nyawanya.

    Selain memastikan kendaraan terkunci, pastikan juga kunci tersebut diletakkan di tempat yang tak terjangkau anak Anda agar ia tidak bisa membuka pintu mobil.  

    • Pastikan Rem Tangan Mobil Terpasang

    Selain kunci pintu mobil, pastikan juga rem tangan mobil terpasang atau terangkat, terutama pada mobil-mobil manual.

    Hal ini sangat penting guna membuat roda mobil yang terparkir tidak tiba-tiba berjalan karena remnya tidak ada. 

    • Usahakan Posisi Anda Berada di Dekat Anak

    Jika saat itu Anda tidak disibukkan oleh kegiatan atau tugas, sangat lebih baik jika Anda berada di dekat atau bahkan di samping Anak saat dirinya sedang bermain di dekat mobil.

    Dengan begitu, Anda bisa segera melarang, menghalangi, bahkan melindungi sang anak dari bahaya yang mungkin terjadi akibat mobil tersebut.

    • Selalu Beritahu Anak Bahaya dari Bermain di Dekat Mobil

    Di samping melakukan pengawasan secara dekat, pengajaran bahwa bermain di dekat mobil merupakan hal yang sangat berbahaya haruslah dilakukan terus-menerus.

    Ini adalah langkah yang pastinya akan banyak dipilih oleh para orang tua, apalagi jika anak yang dimiliki cukup susah diminta diam di tempat.