Berita

    Panduan Aman Berkendara dengan Anak

    Ketika berkendara dengan anak menggunakan mobil, sudah pasti Anda perlu berhati-hati dan menaati peraturan lalu lintas agar bisa selamat sampai tujuan. 

    Supaya selama perjalanan menggunakan mobil bersama anak dan keluarga lebih menyenangkan, maka Anda perlu menerapkan beberapa hal saat berkendara. 

    Artikel ini akan mencoba membahas tentang beberapa panduan yang dapat Anda aplikasikan saat hendak berkendara bersama anak. 

    Pembahasan lebih lanjut terkait panduan apa saja yang bisa dijadikan acuan saat berkendara bersama anak dapat Anda ketahui pada poin-poin di bawah ini!

    Panduan yang Aman saat Hendak Berkendara dengan Anak

    Freepik

    Kecelakaan lalu lintas tidak mengenal waktu dan juga tempat. Maka dari itu, selama berkendara di jalan raya Anda perlu berhati-hati, terlebih apabila membawa anak di kursi penumpang. 

    Supaya bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, ada beberapa hal yang bisa Anda jadikan panduan ketika berkendara bersama anak.

    Beberapa panduan atau tips yang dapat Anda terapkan saat hendak melakukan perjalanan bersama anak menggunakan kendaraan antara lain, yaitu sebagai berikut.

    • Hindari Menempatkan Anak di Kursi Depan

    Demi menjaga keselamatan dan juga kenyamanan anak, Anda tidak dianjurkan untuk menempatkan anak Anda di kursi depan sebelah pengemudi. Hal ini sebaiknya dilakukan agar dapat mengurangi tingkat risiko yang terjadi pada anak apabila terjadi kecelakaan.

    Cara mudah untuk bisa mengukur siapa-siapa saja yang boleh menduduki kursi di sebelah pengemudi, yaitu ketika bahu penumpang telah mencapai atau setara dengan bagian pangkal sabuk pengaman. 

    Apabila tinggi bahu tidak mencapainya, maka orang tersebut sebaiknya tidak duduk di kursi depan, terlebih lagi anak-anak.

    • Memasangkan Car Seat

    Panduan yang paling tepat ketika Anda melakukan perjalanan bersama anak menggunakan mobil, yaitu Anda sebaiknya memasang car seat untuk anak. 

    Dengan Anda memasang car seat pada kursi penumpang belakang, maka kondisi keselamatan anak jadi lebih terjamin apabila dibandingkan dengan mendudukkan anak di pangkuan.

    Ketika Anda memilih untuk menggunakan car seat, pastikan bahwa Anda telah memasangnya dengan tepat dan kencang, ya, agar selama perjalanan anak juga merasakan kenyamanan.

    • Jangan Lupakan Sabuk Pengaman