Berita

    Ketahui Penyebab Pedal Kopling Tidak Kembali dan Tips Mengatasinya

    Salah satu masalah yang kerap dialami oleh pemilik mobil transmisi manual yaitu masalah pada pedal kopling tidak kembali setelah diinjak. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan masalah serius segera harus ditangani. 

    Beberapa bahaya dari pedal kopling yang tidak bisa kembali diantaranya yaitu Anda tidak bisa memindahkan gigi, kecepatan mobil menjadi terbatas, sulit mengendalikan mobil, atau mobil macet secara tiba tiba di tengah jalan. Tentu akan sangat berbahaya jika mobil Anda tidak bisa bergerak ketika di tengah rel kereta api.

    Penyebab Pedal Kopling Tidak Kembali

    Agar bisa menentukan solusi yang tepat, maka Anda perlu mengetahui penyebab kopling mobil Anda tidak bisa kembali. Berikut contoh penyebabnya:

            1. Minyak Kopling Kering

    Kopling yang bermasalah bisa disebabkan minyak kopling kering atau habis. Minyak kopling ini bisa Anda cek dengan membuka kap mobil. Tabung minyak ini terletak di bagian depan roda kemudi mobil dan memiliki ukuran kurang lebih setara dengan tiga jari tangan Anda. 

    Jika minyak habis atau hanya tersisa sedikit, maka solusi agar kopling bisa kembali adalah dengan mengisi minyak kopling. 

            2. Kebiasaan Pemakaian Kopling yang Buruk

    Kebiasaan buruk yang tanpa sadar Anda lakukan selama menggunakan mobil juga bisa mengakibatkan gangguan pada kopling sehingga kopling tak bisa kembali. Salah satu kebiasaan buruk tersebut yaitu menggunakan setengah kopling.

    Setelah menanjak atau ketika ingin menghentikan mobil kebanyakan pengemudi malas untuk menginjak rem dan memilih menggunakan setengah kopling. Jika kebiasaan tersebut dilakukan berulang ulang bisa menyebabkan komponen kopling menjadi rusak.

    Tak hanya setengah kopling, kebiasaan menginjak kopling secara kasar juga bisa menyebabkan kopling panas, kopling berat dan slip sehingga fungsinya menjadi terganggu.

            3. Kampas Aus

    Selain kedua penyebab di atas, kopling yang tidak bisa kembali paling sering disebabkan karena kampas kopling aus. Keausan pada kampas kopling menyebabkan kopling lebih berat dan sulit untuk kembali sesudah dilepaskan.

    Apabila pedal kopling tidak kembali disebabkan karena kampas kopling yang aus, maka satu satunya solusi adalah mengganti kampas mobil Anda. Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel terdekat atau memanggil teknisi untuk mengganti kampas mobil di tempat mobil Anda macet.

    Kampas yang aus sering terjadi pada mobil yang sering dipakai untuk menanjak atau mobil yang sudah lama digunakan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengecek masa kampas dan menggantinya setiap 50 km.