Berita

    Tips agar Tidak Terpancing Ngebut di Jalan Tol

    Berkendara di jalan tol memang bebas hambatan dengan batas maksimal kecepatan hingga 120 km/jam. Maka, ada sebagian orang yang memilih ngebut di jalan tol. Namun, itu bisa membahayakan keselamatan pribadi maupun pengendara lainnya. 

    Agar Anda tidak ikut terpancing untuk kebut-kebutan di jalan tol, maka sebaiknya pelajari bagaimana sebaiknya menjaga emosi agar tetap stabil.

    Tips Jaga Emosi agar Tidak Ngebut di Jalan Tol

    Selain Anda, ada banyak pengguna jalan lainnya yang perlu dijaga keselamatannya selama berkendara di jalan tol. Meskipun melihat ada orang yang mengemudi secara ugal-ugalan, jangan sampai Anda terpancing juga. Caranya, ikuti tips ini: 

    • Tetap Berpikir Positif

    Menjaga pikiran agar tetap positif selama mengemudi di jalan tol akan membuat pikiran maupun hati lebih tenang. Dampaknya, Anda akan lebih bisa menjaga emosi ketika melihat pengemudi lain yang ugal-ugalan dalam menyetir. 

    Dengan menjaga pikiran tetap positif, keselamatan Anda dan pengendara lain akan tetap terjaga. 

    • Kendalikan Emosi

    Usahakan untuk mengendalikan emosi saat berkendara di jalan tol, dalam kondisi apapun. Hindarkan diri untuk terprovokasi aksi ugal-ugalan pengemudi lainnya. 

    emosi saat mengemudi

    Selalu ingatkan diri jika ada keluarga yang menanti di rumah dan mengharapkan Anda pulang dengan selamat. Jadi, jaga emosi agar tidak mudah terprovokasi. 

    • Terapkan Mindset jika Ngebut, Bahan Bakar akan Boros

    Tahukah Anda jika semakin agresif Anda dalam melajukan kendaraan, akan semakin boros pula bahan bakar yang dikonsumsi kendaraan? 

    Untuk itu, terapkan mindset untuk mengemudi dengan santai agar lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar. Dengan begitu, Anda tidak akan terpancing ketika melihat pengemudi lain menaikkan kecepatannya dan mengemudi secara agresif. 

    • Fokus pada Keselamatan

    Ingat, Anda membawa keluarga, kerabat atau teman selama berkendara. Jadi, fokuskan diri pada keselamatan Anda dan para penumpang. 

    Caranya, dengan memberi jarak aman dengan pengemudi lainnya. Bila ada yang ngebut di jalan tol, segera hindari. 

    Bila perlu, merapat ke pinggir dan menepi sejenak untuk mengatur hati dan pikiran agar tetap tenang dan tidak terprovokasi. 

    • Ingat dengan Tanggung Jawab Anda sebagai Pengemudi

    Saat mengemudi, ada tanggung jawab yang Anda pikul. Mulai dari nyawa para penumpang yang Anda bawa serta mobil yang digunakan. Khususnya apabila Anda menyewa mobil di rental. 

    Selama berkendara di jalan tol, selalu ingatkan diri dengan tanggung jawab tersebut agar tidak ikut mengebut. Selain itu, ada keselamatan pengendara lain yang harus Anda jaga. 

    • Prediksi Kondisi yang Tidak Terduga di Jalan

    Masih ingat peribahasa, sedia payung sebelum hujan? Perlu diketahui bahwa selama berkendara di jalan tol, Anda wajib melakukan tindakan preventif yang bisa menyebabkan hal-hal buruk seperti kecelakaan. 

    Misalnya yakni dengan selalu mengecek kondisi sekitar melalui kaca spion untuk mengantisipasi bila ada pengemudi yang lalai dan bisa membahayakan keselamatan Anda dan keluarga. 

    Selain itu, saat Anda hendak ngebut di tol, pastikan untuk memikirkan akibatnya untuk diri sendiri dan orang lain. Misal, ngebut itu bisa menyebabkan kecelakaan beruntun yang bisa merenggut nyawa banyak orang. 

    • Tidak Ada Ruginya Menikmati Perjalanan

    Berkendaralah dengan santai dan nyaman. Nikmati perjalanan yang Anda lalui. Bila perlu, puaskan mata dengan pemandangan sekitar jalan tol bila view-nya cukup bagus. 

    Dengan begitu, keamanan dan keselamatan Anda akan terjaga. Anda juga tidak perlu buru-buru ingin sampai di tempat tujuan. Perjalanan pun akan terasa lebih menyenangkan. 

    Jadi, itulah tujuh tips yang bisa Anda terapkan untuk menghindari ngebut di jalan tol yang bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lainnya. Sebagai saran, sebaiknya jangan mudah terprovokasi dengan tindakan buruk pengemudi lain. Tidak ada untungnya untuk Anda.