Berita

    Featured Image

    Rekomendasi Rute Road Trip Menarik di Pulau Jawa

    Jika Anda berencana untuk melakukan petualangan di pulau jawab, ada baiknya untuk mengintip rekomendasi beberapa rute road trip menarik di Pulau Jawa berikut. Dengan cara ini Anda bisa memperkirakan apa saja yang perlu dipersiapkan dan penting untuk dibawa. 

    Lantas, rute mana saja yang paling tepat untuk dilalui agar bisa menikmati pemandangan dan keragaman budaya di Pulau Jawa? Berikut informasinya!

    Rekomendasi Rute Road Trip Menarik di Pulau Jawa yang Patut Dicoba

    Road trip merupakan perjalanan panjang yang ditempuh dengan menggunakan mobil untuk menjelajahi destinasi tertentu. Di Pulau Jawa sendiri memiliki banyak sekali destinasi wisata dan keindahan alam yang layak untuk dinikmati. 

    Ada beberapa rekomendasi rute road trip yang bisa Anda lewati saat berencana berkeliling Pulau Jawa, diantaranya adalah:

    • Rute Pantai Selatan

    Bagi yang menyukai pemandangan tepi laut bisa memilih rute pantai selatan. Di sepanjang jalur ini Anda bisa menikmati keindahan alam laut sangat memesona dan spektakuler. 

    Perjalanan dapat dimulai dari pantai Anyer yang ada di Banten, kemudian melanjutkan perjalanan ke Pangandaran dan Pelabuhan Ratu. 

    Melalui rute ini Anda akan melintasi berbagai kota mulai dari Banten, Sukabumi, Yogyakarta, Pacitan, Trenggalek, Malang, Blitar, Tulungagung, Lumajang, Jember, hingga berakhir di kota paling ujung bagian timur Pulau Jawa yaitu Banyuwangi. 

    Selama melintasi rute ini Anda akan disuguhi oleh pemandangan pantai yang menakjubkan seperti Pantai Ujung Genteng - Sukabumi, Pantai Watu Bale - Kebumen, dan Pantai Sawarna - Banten. 

    Selain itu, ada juga pantai-pantai indah lainnya seperti Pantai Parangtritis - Yogyakarta, Pantai Parangkusumo - Bantul, Pantai Banyu Tibo - Pacitan, dan Pantai Pulau Merah - Banyuwangi. 

    • Rute Pegunungan

    Buat yang lebih menyukai pemandangan indah dataran tinggi bisa melalui rute pegunungan di sepanjang pulau Jawa. Terdapat 7 gunung tertinggi yang patut dimasukkan ke daftar rute road trip menarik di Pulau Jawa

    Rute Pegunungan Pulau JawaUnsplash.com

    Ketujuh gunung tersebut adalah Gunung Semeru, Slamet, Sumbing, Arjuno, Raung, Lawu, dan Welirang. Selain itu, masih ada beberapa nama gunung, kawah, dan bukit lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. 

    Diantaranya adalah Gunung  Salak, Sindoro, Merbabu, Ciremai, Luhur, Kawi, Pangrango, Papandayan, Salak, Kawah Ratu, Kawah Putih, Kawah Ijen, Bukit Penanjakan, dan juga Gunung Bromo. 

    • Rute Wisata Budaya

    Buat Anda yang ingin menikmati libur panjang sambil mempelajari berbagai budaya yang ada di Pulau Jawa bisa melewati rute mulai dari Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, hingga Banyuwangi. 

    Banyak sekali situs sejarah dan budaya yang bisa Anda kunjungi. Sebut saja Keraton Kasepuhan yang ada di Cirebon, Keraton Solo, Keraton Yogyakarta. 

    Selain itu, terdapat juga beberapa candi mulai dari yang kecil hingga yang termegah seperti Candi Sikidang, Candi Arjuna, Candi Prambanan, Candi Dieng, dan Candi Borobudur. 

    Tidak hanya itu, ragam budaya di Pulau Jawa juga meliputi beberapa lokasi seperti Taman Nasional Baluran di Situbondo, Lawang Sewu Semarang, Monas, Tugu Pahlawan, Gedung Sate, dan Kota Tua. 

    Kemudian ada juga Museum Nasional, Kampung Gajah, Saung Angklung Udjo, Museum Angkut, Museum Olahraga, dan House of Sampoerna.

    Tips Persiapan Road Trip Melintasi Pulau Jawa

    Sebelum melakukan perjalanan jangan lupa untuk menyiapkan semua perbekalan agar tidak ada barang penting yang tertinggal di rumah. Beberapa persiapan menjelang road trip tersebut diantaranya adalah: 

    • Membuat perencanaan rute dan destinasi yang akan dikunjungi;

    • Memilih dan menyiapkan kendaraan sesuai dengan rute yang ditempuh beserta peralatan darurat seperti ban serep, alat pemadam kebakaran, dongkrak, dan lain-lain; 

    • Menyiapkan mental, fisik, dan perbekalan dengan membawa barang yang penting saja;

    • Menentukan jenis akomodasi, apakah hotel, guesthouse, hostel, villa, resort, cottage, atau camping.

    Itulah ketiga rute road trip menarik di Pulau Jawa yang layak untuk Anda coba. Lakukan servis mobil agar acara libur panjang dengan membawa mobil berjalan lancar dan bebas dari kendala.