Berita

    Perhatikan 7 Tips Cara Mengemudi Mobil di Jalan Berlubang atau Rusak

    Sebagai pengendara mobil, salah satu kendala yang Anda rasakan tidak lain adalah mengemudi mobil di jalan berlubang. Terutama ketika sedang musim hujan yang membuat jalanan berlubang rentan tergenang air. 

    Kondisi tersebut menyebabkan Anda kesulitan untuk melewati jalanan tersebut. Selain lubang tidak terlihat karena tertutup genangan air, risiko mobil rusak juga meningkat apalagi jika Anda cukup sering melewati tipe jalan berlubang tersebut.

    Oleh karena itu, Anda harus menerapkan tips-tips berikut agar dapat melewati jalan berlubang tanpa meningkatkan risiko kerusakan mobil. Seperti apa tipsnya? Mari simak di bawah ini!

    Tips Mengemudi Mobil di Jalan Berlubang

    Hindari peristiwa seperti mobil rusak hingga kecelakaan akibat jalan berlubang dengan melakukan tips berikut.

    • Mengatur Kecepatan Mobil 

    Tips pertama adalah tidak berkendara di jalan berlubang dengan kecepatan berlebihan. Anda harus mengatur kecepatan mobil menjadi lebih pelan, sehingga ban serta velg berbenturan kuat dengan bagian pinggir lubang.

    Cara tersebut juga dapat menghindari mobil dari guncangan berlebih, yang penting Anda terapkan terutama saat melewati jalan berlubang dengan genangan air. Jika Anda melaju terlalu cepat, mobil akan terkena cipratan air yang berisiko bagi mobil.

    • Menjaga Jarak Antar Kendaraan

    Hindari berdempetan dengan kendaraan yang ada di depan maupun belakang Anda. Hal tersebut dapat mengganggu visibilitas Anda terhadap lubang yang ada di depan mobil. 

    Menjaga jarak juga menjadi cara agar mobil tidak mudah terpental. Lakukan pengereman dengan halus dan pelan saat Anda melihat lubang di depan, agar tidak menimbulkan efek rem mendadak bagi kendaraan di belakang Anda.

    • Hindari Manuver yang Mendadak

    Ketika mengemudi mobil di jalan berlubang, Anda rentan bermanuver secara mendadak karena ingin menghindari lubang. Namun, hal tersebut berisiko membahayakan pengendara lain di sekitar Anda.

    Jadi, hindari hal tersebut terutama bila jalanan sedang ramai. Pelankan laju kendaraan dan lewati lubang secara perlahan. Jika jalanan memang sepi dan tidak ada kendaraan di sekitar Anda, maka manuver bisa dilakukan agar mobil terhindar dari lubang.

    • Fokus Berkendara dan Hindari Distraksi

    Anda harus menjaga visibilitas berkendara tetap baik dengan menghindari distraksi. Sebab mengemudi mobil di jalan berlubang risikonya lebih besar daripada jalan raya yang mulus. Jadi, utamakan pandangan ke depan dan fokus menjaga kecepatan serta jarak aman.