Berita

    Pentingnya Mengenal Sistem Kelistrikan pada Mobil dan Fungsinya

    Sistem kelistrikan pada mobil merupakan komponen penting kedua setelah mesin yang perlu Anda pelajari. Sebab, keberadaannya membuat beberapa komponen mobil bisa berfungsi dengan baik seperti mesin, lampu, dan berbagai fitur penting lainnya. 

    Sayangnya, sebagian pemilik kendaraan hanya mengetahui keberadaan listrik yang ada di mobil melalui tanda-tanda yang sederhana. Seperti, lampu sein yang menyala atau starter yang berfungsi secara normal. 

    Kenyataannya, sistem kelistrikan yang ada pada mobil memiliki komponen dan rangkaian yang cukup rumit. Buat Anda yang ingin mengetahui lebih jauh, simak pembahasan mengenai sistem kelistrikan mobil berikut ini. 

    Mempelajari Komponen dan Fungsi Sistem Kelistrikan pada Mobil

    Perlu diketahui, sistem kelistrikan mobil memiliki pembahasan yang cukup luas. Jika disegmentasikan, terdapat beberapa kelompok sistem kelistrikan yang perlu untuk dipelajari oleh pemilik kendaraan, yaitu meliputi: 

    Sistem Kelistrikan Mesin

    Pada bagian mesin memiliki rangkaian listrik yang berfungsi untuk membantu kinerja mesin agar menjadi lebih efisien. Beberapa komponen kelistrikan dalam mesin diantaranya adalah: 

    • Busi

    Merupakan perangkat pada mobil yang memiliki kemampuan untuk memercikkan bunga api. Nantinya, percikan tersebut akan membakar perpaduan antara udara dan bensin.

    Apabila tidak terdapat listrik, maka busi pun tidak akan bisa menyala sehingga jalannya mesin menjadi terhambat. 

    • Sistem Starter

    Merupakan rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk memproses cracking pada perangkat mesin. 

    Sedangkan cracking merupakan mekanisme awal perputaran yang membuat poros engkol pada mesin mobil mampu berputar dengan maksimal. 

    • Sistem Pengisian

    Merupakan skema kelistrikan yang ada pada mesin mobil dengan tujuan untuk menyuplai arus listrik.  

    Semua komponennya berfungsi sebagai perangkat untuk memutar mesin menjadi energi listrik melalui dinamo agar kelistrikannya tetap menyala. 

    • Sistem Pengapian

    Merupakan skema kelistrikan yang fungsinya untuk menghasilkan percikan api. Sistem ini memanfaatkan tenaga elektromagnetik untuk meningkatkan tegangan baterai hingga 12 volt.

    • Sistem EFI

    Merupakan sistem kelistrikan pada mobil yang dikenal juga dengan sebutan sistem injeksi yang secara terpadu menyuplai bahan bakar ke bagian mesin.