Berita

    Mengenal fungsi Speedometer Pada Mobil

    Spidometer atau speedometer merupakan sebuah panel informasi yang terdapat di bagian dasbor mobil, maupun motor. Saat ini, bahkan beberapa mobil memadukan panel tersebut dengan panel tachometer yang berada di sebelahnya.

    Setiap mobil wajib memiliki panel speedometer. Itu artinya, fungsi dari panel ini sangat penting dan tergolong vital pada kendaraan, baik itu mobil maupun motor.

    Apa Itu Speedometer?

    Fungsi utama dari spidometer yaitu sebagai panel informasi yang menunjukkan kecepatan kendaraan pada saat melaju. Artinya, bagian ini tidak hanya sekedar pajangan atau aksesoris mobil saja.

    Alat ini bisa mengukur kecepatan mobil pada saat melaju. Tingkat pengukurannya pun tergolong akurat. Itulah kenapa, komponen tersebut menjadi perlengkapan standar pada setiap kendaraan.

    Fungsi Speedometer

    Pada motor, fungsi dari speedometer yaitu hanya untuk mengetahui kecepatan kendaraan saat melaju. Namun pada mobil yang sudah dilengkapi dengan tachometer, fungsinya menjadi lebih luas, yang artinya tidak hanya sekedar informasi kecepatan saja.

    Alat ini berfungsi agar pengendara mengetahui kecepatan kendaraan yang sedang mereka kendarai. Dengan begitu, pengendara bisa mengontrol laju ketika mobil terlalu cepat, atau terlalu pelan ketika berada di jalan tol.

    Spidometer akan menunjukkan batas maksimal sehingga bisa menjadi ukuran saat berkendara. Dengan informasi ini, maka pengendara pun bisa berkendara dengan aman dan sesuai dengan batas kecepatan yang telah diatur oleh pemerintah.

    Fungsi Tachometer Pada Speedometer Mobil

    Seperti yang kami paparkan sebelumnya, beberapa mobil sudah melengkapi panel tachometer pada perangkat speedometer yang ada pada dasbor. Kedua perangkat ini bahkan sudah menjadi standar pada industri mobil.

    Tachometer sendiri merupakan alat ukur untuk mengukur titik aman saat berkendara. Alat ini juga bisa Anda gunakan untuk mengukur titik berbahaya dan menunjukan kecepatan rotasi mobil.

    Pada dasarnya, tachometer tidak hanya digunakan pada mobil saja. Alat ini sudah lama digunakan pada pesawat.  Indikator yang bisa Anda gunakan untuk membaca alat ini yaitu rotasi per menit atau yang dikenal dengan rpm.

    Cara Membaca Tachometer

    Spidometer bisa Anda cek atau Anda baca dengan mudah hanya dengan melihatnya saja. Namun, berbeda halnya dengan tachometer dimana Anda harus memahami cara kerjanya agar bisa membacanya.