Berita

    Pentingnya Memeriksa Bagian Mobil Ini sebelum Perjalanan Jauh

    Perjalanan jauh perlu dilakukan dengan mobil yang memiliki kondisi prima. Dengan demikian, kerusakan mobil selama perjalanan berlangsung dapat diminimalisir. Cara untuk memastikan hal tersebut adalah dengan memeriksa beberapa bagian mobil.

    Bagian-bagian tersebut memiliki fungsi penting bagi performa mobil. Bahkan jika salah satu bagian tak berfungsi, maka perjalanan pun akan terganggu. Intip ulasan di bawah ini untuk mengetahui bagian-bagian ini!

    Bagian Mobil yang Perlu Diperiksa Sebelum Perjalanan

    Seperti yang telah disinggung sebelumnya, terdapat berbagai bagian yang perlu diperiksa sebelum perjalanan jauh dimulai. Berikut beberapa di antaranya beserta alasan mengapa perlu diperiksa.

    • Oli Mesin

    Oli merupakan komponen penting agar mesin bisa berfungsi dengan sempurna. Jika oli bermasalah, maka bisa menyebabkan kerusakan pada mesin. Bahkan di kasus tertentu, pemilik mobil harus mengganti mesin.

    Oleh sebab itu, pastikan mobil mempunyai oli dengan jumlah yang cukup. Hal tersebut dapat dilihat pada stik oli yang mana level cairan ini harus berada di antara tanda F dan L.

    Selain itu, pastikan juga Anda sudah menggantinya sesuai buku panduan. Jika belum atau mendekati masa penggantian, maka Anda bisa ke bengkel untuk menggantinya terlebih dahulu agar tidak kerepotan selama perjalanan.

    • Air Radiator

    Bagian mobil yang tak kalah penting untuk diperiksa selanjutnya adalah air radiator. Hal ini disebabkan oleh fungsinya yang amat penting, yaitu mengontrol suhu dalam mesin mobil

    Oleh sebab itu, pastikan air ini sudah terisi secara penuh. Selain itu, cek juga selang penghubung antara radiator dengan reservoir. Segera ganti jika selan retak atau menggelembung.

    • Ban

    Kondisi ban juga perlu diperiksa. Hal ini disebabkan ban-lah yang langsung bersentuhan dengan jalan. Jika ban tidak dalam kondisi baik, maka bisa membuat mobil tergelincir hingga menimbulkan kecelakaan.

    Oleh sebab itu, pastikan ban tidak aus dan telah diganti sesuai aturan. Pastikan juga bahwa ban telah terisi angin atau nitrogen dengan cukup (tidak kekurangan atau terlalu banyak)

    • Rem

    Sebagai pemilik mobil, Anda pasti tahu fungsi rem sebagai alat untuk memperlambat laju mobil. Maka dari itu, sistem pengereman perlu diperiksa apakah dapat berfungsi dengan baik.

    Selain itu, cek juga kondisi minyak rem. Jika kurang, maka Anda bisa menambahnya. Kampas dan cakram rem juga perlu diperhatikan. Jangan segan-segan untuk menggantinya jika dibutuhkan.

    • Aki

    Aki merupakan sumber utama kelistrikan pada mobil. Jika aki bermasalah, maka akan mempengaruhi jalannya mobil. Bahkan mobil pun akan sulit untuk dihidupkan.

    cek aki

    Oleh sebab itu, pastikan aki mobil dalam keadaan baik dan tidak mengalami korsleting. Pastikan juga air aki telah terisi secara sempurna sehingga dapat berfungsi dengan baik.

    • Lampu

    Seperti yang Anda tahu, lampu berfungsi untuk menerangi jalan. Selain itu, lampu juga dapat menjadi petunjuk bagi pengendara lain akan keberadaan mobil. Fungsi lampu akan semakin terasa saat menyetir dalam keadaan gelap.

    Itulah mengapa lampu perlu diperiksa saat akan perjalanan jauh. Pastikan semua lampu baik depan maupun belakang dapat berfungsi dengan semestinya. Segera ganti atau perbaiki jika ada kerusakan.

    Selain memperhatikan berbagai bagian mobil, umur dan kondisi mobil secara keseluruhan juga perlu diperhatikan. Terlebih lagi jika ada banyak kerusakan yang membutuhkan biaya lebih untuk memperbaikinya.