Berita

    Patut Diwaspadai, Ini Dia Tanda Mesin Mobil Overheat!

    Bayangkan, ketika Anda tengah mengemudi di hari yang sibuk untuk menyelesaikan pekerjaan, tiba-tiba mobil bertingkah aneh. Kemudian, ketika Anda mengecek pengukur suhu, menunjukkan jika mesin overheat. Panasnya melebihi dari yang biasanya. 

    Lantas, apa yang harus Anda lakukan? Sebenarnya apa yang terjadi dengan mesin mobil Anda? Apa tidak ada gejala sebelumnya? Anda akan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut melalui ulasan ini. 

    Tanda Mesin Overheat yang Wajib Diketahui

    Ketika tengah bepergian menggunakan kendaraan pribadi, tidak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi di jalan. Apakah mobil akan dalam kondisi baik-baik saja hingga tempat tujuan, atau justru mengalami masalah di jalan seperti mesin yang mengalami overheat

    Kendati demikian, Anda tetap dapat melakukan pencegahan dengan mengenali gejala mesin yang akan mengalami overheat. Adapun tanda-tandanya adalah sebagai berikut: 

            1. Hasil Dari Pengukur Suhu Sudah Melebihi Normal

    Selama dalam perjalanan terutama ketika harus bepergian jarak jauh, usahakan untuk selalu mengecek pengukur suhu yang berada di cluster instrumen mobil secara berkala. 

    Di dalam alat pengukur tersebut, akan ada indikasi huruf “H” dan “C” yang mengartikan panas dan dingin suatu mesin. 

    Meskipun suhu dapat berubah secara fluktuatif mengikuti kondisi cuaca di luar. Akan tetapi, ketika indikator sudah menunjuk huruf “H” atau lampu suhu mulai menyala, maka segera berhenti dan cek kondisi mesin mobil. Bisa jadi, itu adalah tanda mesin overheat dan butuh perhatian segera. 

            2. Kap Mobil yang Panas

    Ketika mobil sudah mulai berjalan dan mesin beroperasi, mesin mobil bisa saja terasa panas atau hangat sewaktu disentuh. Hal tersebut masih normal. 

    Namun, akan menjadi tidak normal ketika kondisinya sudah sangat panas. Untuk memastikan, coba letakkan tangan Anda di atas kap mesin selama 10 detik. Jika tangan terasa terbakar, sudah pasti ada sesuatu yang bermasalah di dalamnya. Maka, segera buka kap mesin dan cek kondisi tiap komponen. 

            3. Pendingin Mengalami Kebocoran

    Mesin overheat bisa ditandai dari adanya kebocoran pada pendingin hingga airnya menetes ke tanah. Hal tersebut dapat terlihat jelas ketika Anda tengah memanasi mesin sebelum digunakan.