Berita

    Mengenal Carbon Cleaner Mobil & Fungsinya

    Performa mobil Anda menurun? Mungkin masalahnya ada pada dapur pacu atau mesin mobil Anda, bisa jadi performa yang menurun dapat disebabkan oleh kotoran yang menumpuk pada ruang bakar. Untuk mengatasi masalah semacam ini, Anda membutuhkan Carbon Cleaner agar kotoran yang menumpuk dapat segera terangkat dengan mudah.

    Agar performa mobil Anda kembali seperti semula, Anda perlu membersihkan kotoran yang menempel dengan Carbon Cleaner. Carbon Cleaner sendiri adalah cairan pembersih kotoran khusus mesin mobil. Dalam dunia perbengkelan Carbon Cleaner menjadi suatu komponen yang sangat sering digunakan oleh mekanik untuk membersihkan mesin mobil.

    Carbon Cleaner juga memiliki berbagai tipe dan jenis, jenis yang banyak dijual di pasaran adalah jenis semprot dan jenis cairan. Pada jenis semprot biasanya berbentuk busa atau foam. Perbedaan jenis ini juga memiliki perbedaan kegunaan, walau tidak signifikan perbedaan ini bisa disesuaikan tergantung penggunaan.

    Fungsi utama dari Carbon Cleaner adalah untuk membersihkan kotoran yang menumpuk pada ruang pembakaran atau lebih tepatnya pada bagian piston mobil, karburator dan throttle mobil. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan detail mengenai fungsi Carbon Cleaner berikut ini :

            1. Membersihkan kerak bandel yang menempel

    Sudah jelas jika fungsi Carbon Cleaner adalah untuk membersihkan kotoran yang menempel. Kotoran yang biasa ditemukan pada bagian mesin mobil adalah kerak, kerak ini tidak bisa sembarangan Anda cuci dengan sabun pencuci piring atau sabun biasa. Anda harus menggunakan Carbon Cleaner jenis foam agar kerak yang membandel tersebut bisa hilang.

            2. Menghilangkan kandungan air

    Selain untuk membersihkan kerak yang membandel, fungsi lain dari Carbon Cleaner adalah menghilangkan kandungan air. Air atau zat lain tidak boleh masuk ke ruang pembakaran, jika hal ini terjadi mesin akan mengalami kerusakan. Fungsi lain Carbon Cleaner adalah sebagai penghalang dari zat air ini masuk menuju ruang pembakaran secara efektif. Biasanya hal seperti ini dapat terjadi saat musim hujan dan mobil mengenai genangan air yang cukup dalam.

            3. Meningkatkan performa kendaraan

    Selain dua fungsi diatas Carbon Cleaner juga mempunyai peranan penting dalam meningkatkan performa kendaraan. Ruang bakar yang bersih akibat Carbon Cleaner tentunya akan mempermudah kinerja mesin untuk menjalankan fungsinya secara maksimal. Jadi pernah Carbon Cleaner memang sangat krusial untuk membersihkan ruang bakar mobil Anda.