Berita

    Apa Itu OTR dan Harga OTR Dalam Kredit Kendaraan?

    OTR adalah istilah yang sering Anda temukan saat akan membeli kendaraan. Istilah yang satu ini berkaitan erat dengan harga kendaraan bermotor atau mobil dan kelengkapannya. Anda harus memahami apa itu OTR sebelum memutuskan membeli kendaraan.

    Tujuannya agar Anda dapat mengetahui berapa biaya yang dikeluarkan untuk membeli unit mobil tersebut. Termasuk mengetahui apa saja yang Anda dapatkan dengan harga tersebut.

    On The Road atau OTR Adalah

    OTR atau On The Road merupakan kendaraan yang dijual sudah dalam kondisi lengkap surat-suratnya. Artinya sudah terdaftar pada pihak terkait seperti Polri, Samsat hingga Dispenda. Sehingga Anda akan mendapatkan STNI, BPKB hingga plat nomor kendaraan ketika membeli kendaraan ini.

    Sementara itu, harga OTR berarti harga kendaraan yang nilainya sudah termasuk biaya pengurusan dokumen. Harga yang ditawarkan adalah nilai keseluruhan saat pembelian mobil. Sehingga kamu sudah terima beres. 

    Nah, Anda akan menemukan harga ini pada brosur yang dipegang oleh dealer mobil. Biasanya istilah ini akan mudah Anda temukan pada kredit kendaraan. Semua akan diletakkan pada brosur yang tertera.

    Off The Road

    Ada OTR, ada pula Off The Road. Berkebalikan dengan OTR, Off The Road berarti harga yang akan Anda dapatkan untuk membeli mobil yang belum termasuk pengurusan dokumen. Sehingga Anda hanya mendapatkan kendaraan saja.

    Sementara kasus mobil Anda masih menjadi milik pabrik atau konsumen Anda. baru kemudian bisa berbalik nama jika Anda telah melakukan pengurusan berbagai dokumen. Seperti surat-surat nomor kendaraan hingga BPKB.

    Anda harus melakukan pengurusan sendiri untuk mobil ini. Daftarkan dengan nama pribadi agar lebih mudah. 

    Perbandingan Off The Road dan On The Road Adalah

    Jika dibandingkan, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing skema pembelian mobil ini. Antara lain:

    • Keringkasan Pembelian

    Bagi Anda yang lebih suka menyukai keringkasan dalam pembelian, OTR adalah solusi. Sebab, Anda tidak perlu lagi berkeliling untuk mengurusi pendaftaran seperti STNK, BPKB hingga surat penting lain.

    Sementara jika Anda membeli Off The Road, itu berarti harus berkeliling ke berbagai tempat untuk pengurusan status ini. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan dokumen pembelian.

    • Pertimbangan Harga

    Tentu saja harga OTR jauh lebih mahal ketimbang Off The Road. Sebab seluruh kelengkapan sudah ada kemudian dimasukkan pada biaya pembelian mobil. Anda tinggal pakai saja setelah melakukan akad jual beli.